Mengetahui Apa itu Reproduksi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Reproduksi
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Reproduksi? sebagai orang yang telah atau sedang melewati masa Pubertas maka perlu untuk memahaminya. Seseorang yang telah memasuki masa Pubertas tidak akan bisa menjaga kesehatan Reproduksi sebelum memahami apa itu Reproduksi.

Setiap mahluk hidup dapat memiliki kemampuan dan juga peluang besar untuk melakukan proses yang bisa melahirkan keturunan. Hal itu bisa terjadi bila seorang Individu mampu menerapkan pola hidup sehat, utamanya dalam hal menjaga kesehatan reproduksi.

Sebab, menjaga kesehatan Reproduksi merupakan hal besar yang bernilai investasi jangka panjang untuk melahirkan keturunan. Diperlukan kemampuan menjaga kesehatan reproduksi yang baik untuk dapat menghasilkan keturunan. Namun, sebelum melangkah jauh hingga ke proses tersebut, seseorang memang perlu memahami apa itu Reproduksi?

Baca juga:  Baca Review Ruangguji Ruangguru, Hasilnya Diluar Dugaan

Pengertian ‘Apa itu Reproduksi?’

Reproduksi dapat dipahami sebagai suatu proses Biologis berupa perkembangbiakan yang dilalui Individu agar bisa melahirkan generasi keturunan berikutnya. Reproduksi juga dipandang sebagai jalan bagi suatu Individu untuk mempertahankan diri dan kelompoknya dengan cara melahirkan kehidupan pada generasi keturunannya.

Agak sedikit berbeda arti Reproduksi bagi Organisme, namun memiliki orientasi yang sama dengan mahluk hidup lainnya seperti manusia dan binatang. Reproduksi dipahami sebagai jalan agar bisa memperbanyak diri, bukan untuk menghasilkan generasi keturunan baru. Namun, Reproduksi dalam sudut pandang Organisme juga dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan serta melanjutkan keberlangsungan hidupnya.

Apa itu Reproduksi
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Reproduksi

  • Reproduksi Aseksual, dapat dipahami sebagai proses perkembangbiakan suatu Individu yang hanya melibatkan satu Individu saja. Artinya, dalam proses reproduksi Aseksual ini tidak ada proses pertukaran maupun persilangan materi genetik yang pada umumnya dilakukan secara seksual. Reproduksi aseksual memang masih mungkin dilakukan oleh Individu tertentu, tapi kekurangannya adalah rendahnya peluang keragaman yang dihasilkan pada keturunannya.
  • Reproduksi Seksual, proses perkembangbiakan mahluk hidup yang melibatkan dua pasang Individu secara bersamaan. Kedua individu yang terlibat dalam prises reproduksi seksual ini melakukan proses pertukaran dan persilangan materi genetik melalui sel telur betina dan sel sperma jantan. Generasi keturunan yang dihasilkan dari proses reproduksi seksual ini punya kemungkinan untuk melahirkan keturunan yang penuh dengan keberagaman. Jenis reproduksi seksual ini umumnya dilakukan oleh organisme berjenis multiseluler seperti hewan dan juga manusia.
Baca juga:  Mengapa Manusia Disebut Makhluk Sosial?

Contoh Reproduksi

  • Fragmentasi pada cacing tanah.
  • Pembelahan pada Amoeba.
  • Pembelahan Biner.
  • Fragmentasi.
  • Partenogenesis.
  • Perkawinan Burung Kenari.
  • Persilangan Murai Medan dengan Murai Jawa.

 

sumber referensi : https://www.idntimes.com/science/discovery/dahli-anggara/apa-yang-dimaksud-dengan-reproduksi-exp-c1c2