Mengetahui Apa itu Paparazzi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Paparazzi
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Paparazzi? tentu, kamu sudah sangat familiar sekali dengan istilah itu, pun juga di era digital seperti saat ini. Tapi, bisakah kamu menjelaskan apa itu Paparazzi? suatu istilah kata yang sangat identik dengan dunia anak muda dan kekinian.

Setidaknya, bagi kamu yang merupakan pengguna sosial media, pasti pernah melihat seseorang yang mengupload fotonya dengan menyertakan caption Paparazzi didalamnya. Atau, kamu pasti juga pernah membaca sebuah berita dimana seorang publik figur ditempat umum yang difoto tanpa sepengetahuannya.

Jadi, apakah kamu mulai berfikir bahwa istilah Paparazzi adalah hal yang berkaitan dengan dunia digital? mungkin. Apakah kamu akan menyebut Paparazzi sebagai hal yang berkaitan dengan dunia fotograf? bisa jadi.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud Paparazzi? simak ulasannya berikut ini.

Pengertian ‘Apa itu Paparazzi?’

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, Paparazzi adalah juru foto bayaran yang memburu para publik figur. Orang yang disebut Paparazzi ini merupakan fotografer yang selalu menargetkan para publik figur terkenal dalam setiap kegiatannya.

Hasil jepretan foto para Paparazzi ini cenderung memiliki nilai cipta dan seni yang bersifat ekslusif, karena tidak semua orang dapat mengetahuinya. Bahkan, jepretan foto ini bisa mengarah pada kegiatan yang bersifat privatif dari seorang publik figur dalam jepreta fotonya.

Sejarah Paparazzi bermula dari acara rilis film berjudul la dolce vita yang begitu viral pada tahun 1960 dengan dua tokoh utamanya yang seorang Jurnalis. Paparazzi sendiri berasal dari bahasa di kawasan Sicilia di Italia yang bermakna ‘serangga berdengung’.

Baca juga:  Wajah Bruntusan? Simak Cara Menghilangkan Bruntusan yang Anti Ribet
Apa itu Paparazzi
sumber gambar : unsplash.com

Seiring dengan perkembangan dunia digital, istilah Paparazzi mengalami pelebaran dan pergeseran makna sebagaimana asalnya. Sebagaimana dua orang teman atau lebih yang berkumpul dalam suatu tempat.

Bila salah seorang diantaranya kedapatan memfoto temannya tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, maka orang yang memfoto itu bisa disebut sebagai Paparazzi oleh teman-temannya. Tentunya sebutan itu hanya sebatas ucapan ringan bermakna candaan yang terlontar secara spontan, namun tentu saja kebanyakan bila hasil fotonya bagus, akan disimpan dan diunggah ke media sosial dari orang yang difoto oleh temannya tersebut.

Jenis-Jenis Paparazzi

  • Paparazzi Independen, seorang fotografer lepas yang tidak terikat kerja pada instansi manapun. Bekerja untuk memotret para publik figur dengan tujuan dan kepentingannya sendiri.
  • Paparazzi Profesional, tidak terikat oleh instansi media manapun, dimana hasil jepretan foto yang dihasilkan dijual pada agensi. Umumnya jenis Paparazzi yang satu ini banyak dijumpai di Amerika Serikat bila hasil jepretannya bernilai eksklusif dan sedang viral.
Baca juga:  Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Air Jahe Sederhana

Contoh Paparazzi

  • Jepretan foto Lionel Messi saat sedang berbelanja dengan anak dan istrinya.
  • Foto Lebron James saat sedang makan malam dengan dengan Al Pacino.
  • Foto Cristiano Ronado saat sedang berlibur diatas kapal pesiar mewahnya.

 

sumber referensi : https://busurvocal.com/2021/11/29/beda-wartawan-dan-paparazzi-sama-enggak-sih/