Mengetahui Apa Itu Korupsi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

OMTELOLET – Tahukah kamu apa itu Korupsi? kamu pasti sudah berulang kali mendengar istilah korupsi saat sedang menonton tv atau membaca berita. Bahkan, kamu pasti pernah melihat sebuah kasus Korupsi menjadi pemberitaan utama dalam berbagai media pemberitaan.

Bisa dibilang, Korupsi merupakan suatu kasus ataupun masalah utama yang masih menjadi salah satu upaya yang sedang diberantas di Indonesia. Korupsi menyisakan banyak sekali dampak dan kerugian, baik itu kerugian secara materi bagi negara, maupun dampak moril yang buruk.

Korupsi menjadi salah satu penghalang utama untuk mengikis masalah kemiskinan di Indonesia, karena jelas sangat menghambat pertumbuhan Ekonomi. Hingga akhirnya, masalah kemiskinan yang tak kunjung dientaskan tersebut memicu efek domino lainnya, seperti kelaparan hingga krisis gizi.

Baca juga:  Bagaimana Rumus Tinggi Balok? Yuk Simak Secara Seksama!

Jadi, sebenarnya apa itu Korupsi? mengapa dampaknya sangat merugikan negara?

Pengertian ‘Apa itu Korupsi?’

Kata Korupsi berasal dari Corruptio yang merupakan bahasa latin dengan makna suatu tindakan yang merusak dan juga menghancurkan. Disamping itu, Corruptio juga memiliki makna sebagai suatu hal yang bermakna tidak bermoral, ketidakjujuran, penyimpangan dari kebenaran dan juga dapat disuap.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mencatat bahwa Korupsi memiliki makna sebagai sikap penyelewengan dan juga penyalahgunaan uang negara untuk keuntungan pribadi. Artinya, bila seseorang menyalahgunakan jabatannya dalam suatu instansi ataupun lembaga dan juga perusahaan demi keuntungan pribadi, maka tindakannya disebut Korupsi.

Tindakan Korupsi merupakan perbuatan yang sangat dilarang di Indonesia dan secara hukum telah diatur segala bentuk sanksinya. Salah satunya yakni melalui Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca juga:  Rumus Median Mudah Dipelajari
Apa itu Korupsi
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Korupsi

  • Suap Menyuap, merupakan jenis Korupsi yang dilakukan dengan memberikan hadiah ataupun uang kepada pihak lain agar kepentingannya terpenuhi.
  • Penggelapan Jabatan, tindakan korupsi yang dilakukan dengan menyalahgunakan jabatannya agar bisa melenggangkan kasus pelanggaran lainnya.
  • Tindak Pemerasan, tindakan korupsi yang dilakukan dengan menekan pihak lain demi keuntungan pribadi.
  • Gratifikasi, pemberian hadiah, baik uang, fasilitas maupun hal lainnya kepada pihak lain diluar ketentuan dan aturan yang berlaku.
  • Pengadaan, jenis korupsi yang satu ini dilakukan dengan cara menghadirkan barang maupun kebutuhan lain dari suatu instansi maupun lembaga. Namun banyak dilakukan secara proses tender hinga rincian biaya keuangan yang dikeluarkan.
  • Korupsi Keuangan Negara, dilakukan dengan cara penyalahgunaan kuasa dan jabatannya agar bisa meraih keuntungan pribadi diluar hak dan ketentuannya.
Baca juga:  Bagaimana Perjuangan yang Dilakukan Oleh Pattimura?

Contoh Korupsi

  • Menyuap Pegawai Negeri
  • Menyuap Hakim
  • Hakim menerima suap
  • Pegawai Negeri menerima suap

 

sumber referensi : https://plus.kapanlagi.com/7-jenis-korupsi-yang-sering-dilakukan-di-indonesia-kenali-contohnya-267239.html