Mengetahui Apa itu Anarkisme? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Anarkisme?
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Anarkisme? sudah pasti banyak orang yang sudah sangat familiar sekali dengan kata tersebut. Tapi, pertanyaannya adalah, apakah semua orang yang familiar tersebut bisa menjelaskan pengertian dari Anarkisme?

Bagaimana denganmu? apakah menurutmu Anarkisme adalah segala bentuk sikap dan perbuatan yang dilandasi oleh kekerasan? belum tentu. Anarkisme tidak selalu identik dengan kekerasan atau bahkan pengrusakan sebagaimana pandangan orang pada umumnya.

Itulah sebabnya, artikel kali ini akan membahas tentang pengertian dari Anarkisme yang sebenarnya beserta jenis dan juga contohnya. Sehingga, kita bisa memaknai pengertian Anarkisme dengan benar tanpa adanya kekeliruan persepsi.

Selain daripada urgensi tentang memahami pengertian Anarkisme dengan benar, hal tersebut juga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Baca juga:  Apa Itu Teks Eksplanasi, Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Jadi, apa itu Anarkisme?

Pengertian ‘Apa itu Anarkisme?’

Anarkisme pada dasarnya merupakan suatu teori politik yang mengarah pada sikap skeptis terhadap pembenaran dari otoritas atau kekuasaan. Anarkisme sendiri tergolong sebagai filsafat politik dan ekonomi yang bersifat radikal dan revolusioner.

Sedangkan bila ditinjau secara Etimologis, Anarkisme berhasal dari Bahasa Yunani yakni ‘Anarkhia’ yang memiliki arti tanpa otoritas. Artinya, dalam suatu wilayah tidak perlu adanya dominasi, hirarki maupun kekuasaan yang mengatur seluruh kehidupan didalamnya.

Kesimpulannya, Anarkisme merupakan paham yang meyakini bahwa keberadaan otoritas beserta kekuasaan dalam suatu wilayah tidaklah diperlukan. Sebab, dalam cara pandang kaum Anarkis, keberdaan Otoritas kekuasaan hanya akan menumbuhkan penindasan sosial.

Baca juga:  Ternyata Mudah! Ini Dia Rumus Tinggi Segitiga

Hal itulah yang kemudian secara perlahan menabalkan label bahwa Anarkisme selalu identik dengan sikap yang mengarah pada hal yang bersifat merusak dan kekerasan.

Apa itu Anarkisme?
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Anarkisme

  • Anarkisme Sosial, merupakan manifestasi dari Sosialisme tanpa negara meyakini bahwa wujud kemerdekaan setiap Individu dapat dicapai bila saling membantu. Orientasi dari Anarkisme Sosial adalah setiap Individu perlu untuk mendukung segal bentuk kegiatan Ekonomi beserta Politik. Caranya yakni dengan mensosialisasikan alat-alat produksi yang semula milik pribadi menjadi kepemilikan bersama.
  • Anarkisme Pasar Bebas, merupakan jenis Anarkisme yang memiliki orientasi sistem pasar ekonomi bebas dengan berlandaskan pada interaksi yang bersifat sukarela. Konsep pasar bebas dalam Anarkisme pasar bebas sama sekali tidak menghendaki adanya keterlibatan dan wewenang Otoritas kekuasaan didalamnya.
Baca juga:  Jurusan Apa Saja yang Ada di UGM? Cek Daftar Lengkap Beserta Fasilitas Kampusnya

Contoh Anarkisme

  • Aksi demonstrasi pemuda di Amerika Serikat yang menentang adanya perang Vietnam pada tahun 1967.
  • Gerakan COBAS di Italia tahun 1980-1990.
  • Pemogokan kerja para penambang di Inggris tahun 1984-1985.
  • Gerakan melawan Poll Tax di Inggris tahun 1988-1992.

 

Sumber referensi : https://populis.id/read4151/apa-itu-anarkisme?page=3