Mengenali Contoh Pelanggaran HAM Ringan, Apa Saja?

Contoh Pelanggaran HAM Ringan
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa saja contoh pelanggaran HAM Ringan? beberapa dari kamu mungkin masih ada yang mempertanyakan apa saja contoh pelanggaran HAM ringan. Ya, itu merupakan hal yang sangat wajar karena pada pembahasan sebelumnya telah mempelajari tentang pengertian dan jenis HAM.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa HAM telah melekat dalam diri manusia bahkan sejak ia pertama kali dilahirkan. Artinya, bayi yang punya lahir pun telah memiliki berbagai hak asasi yang wajib didapatkannya dari orang-orang disekitarnya.

HAM menjadi pengingat sekaligus penanda tentang bagaimana seharusnya kehidupan bisa dibangun dengan adil dan juga penuh kedamaian. Bagaimana dalam perspektif HAM, setiap orang memiliki kedudukan yang sama untuk bisa mendapatkan keadilan dan kehormatan dalam hidupnya.

Mengenali Contoh Pelanggaran HAM Ringan

HAM haruslah dipahami sebagai suatu hal yang harus ditegakkan dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, tidak boleh ada segelintir kelompok maupun individu yang melakukan pelanggaran HAM. Baik itu pelanggaran HAM ringan maupun pelanggaran HAM berat, semua harus sama-sama ditegakkan dengan seadil-adilnya.

Baca juga:  Apa Itu Teks Berita? Temukan Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Lalu, apa saja contoh pelanggaran HAM ringan?

Aksi Kekerasan dan Pemukulan

Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dalam hidupnya, artinya, setiap orang tidak bisa menerima kekerasan tanpa sebab yang jelas. Dilain sisi, setiap orang juga tidak berhak untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain secara semena-mena. Artinya, tindakan kekerasan maupun pemukulan yang dilakukan secara semena-mena merupakan contoh pelanggaran HAM ringan.

Contoh Pelanggaran HAM Ringan
sumber gambar : unsplash.com

Pencemaran Nama Baik

Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kehormatan dalam hidupnya, selain itu, setiap orang juga berhak untuk membela kehormatan hidupnya. Artinya, bila seseorang melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik orang lain, maka hal tersebut sudah melanggar hak asasi orang lain. Tindakan pencemaran nama baik merupakan contoh dari pelanggaran HAM ringan.

Baca juga:  Keren! Inilah 5 Universitas dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2022

Mengganggu Ibadah Umat Beragama Lain

Setiap orang berhak menentukan dan memilih keyakinannya, termasuk dalam hal Beragama. Orang lain pun tidak bisa memaksakan pilihan dan keyakinan Agama tertentu terhadap orang lain. Perspektif HAM mengajarkan untuk saling menghormati dan toleran dalam perbedaan Agama. Bila terdapat tindakan yang mengganggu kegiatan ibadah uma beragama lain, maka itu termasuk contoh pelanggara HAM ringan.

Pencemaran dan Perusakan Lingkungan

Setiap orang berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, termasuk kelestarian alam lingkugan dimana tempat tinggalnya berada. Tindakan perusakan lingkungan termasuk kedalam contoh pelanggaran HAM ringan, karena mengganggu kelayakan hidup orang lain dalam lingkungannya.

 

sumber referens : https://www.gramedia.com/literasi/contoh-pelanggaran-ham-ringan/