Mengenal Rasi Bintang dan Macam-Macamnya

Pexels.com

Buat kamu pengagum benda-benda langit pasti tidak asing lagi kan dengan istilah rasi bintang. Benda langit yang satu ini memang kerap memanjakan mata di malam hari dan membuat kita ingin menghampirinya. Dari ribuan bintang di langit kita bisa melihat berbagai ukuran dan intensitas cahaya. Tapi dibalik keindahan kerlip bintang mereka memiliki pola yang unik lho. Selain itu, keberadaan beberapa bintang juga dapat digunakan sebagai petunjuk arah juga.

Yuk pelajari rasi bintang dan macam-macamnya.

Pengertian Rasi Bintang

Bintang adalah benda langit yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Biasanya kita dapat melihat gugusan bintang di malam hari. Nah, kita bisa melihat bintang-bintang di langit membentuk pola tertentu yang disebut rasi bintang atau konstelasi bintang. Dari bumi kita dapat melihatnya, seolah bintang-bintang di langit membentuk kumpulan-kumpulan seolah jarak mereka berdekatan.

Ilmuwan astronomi menyebutkan terdapat 88 daftar rasi bintang dengan batasan yang jelas.

Perbedaan Rasi Bintang dan Gugus Bintang

Gugus bintang merupakan kumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Letak gugus bintang biasanya berada dalam satu galaksi. Makannya jumlah bintang dalam satu gugusan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan dengan jarak yang saling berdekatan.

Baca juga:  Karakter Virgo yang Wajib Kamu Ketahui

Sedangkan rasi bintang adalah pola beberapa bintang yang memiliki jarak berdekatan. Jadi rasi bintang berada dalam suatu gugus bintang. Sedangkan dalam satu gugus bintang bisa jadi terdapat banyak rasi bintang.

Gugus bintang sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu gugus bintang terbuka dan gugus bintang bola. Gugus bintang terbuka jarak antar bintang berjauhan dan memiliki bentuk tidak beraturan. Sedangkan gugus bintang bola jarak antar bintang berdekatan dan memiliki bentuk menyerupai bola.

Macam-Macam Rasi Bintang

rasi bintang

sumber: infoastronomy.org

Rangkaian Rasi-Rasi Bintang (Zodiak)

Zodiak adalah 12 rasi bintang yang terletak sepanjang jalur ekliptika, yaitu jalur yang membentuk gelang yang melingkari garis edar bumi mengelilingi matahari. Kemunculan tiap rasi bintang biasanya sesuai waktu peredaran bumi. Jarak masing-masing zodiak kurang lebih 30 hari sesuai letak daerah konstelasi bintang.

Sebenarnya International Astronomical Unio (IAU) mengidentifikasi rasi bintang yang jumlahnya 88. Akan tetapi rasi bintang yang terkenal digunakan sebagai lambang tiap zodiak yang terbagi menjadi 12 tersebut. Zodiak sendiri merupakan rasi bintang yang membentuk seperti gambar binatang-binatang kecil. Berikut macam-macam bentuk zodiak.

Rasi Aries – Ram – Bintang Hamai

Baca juga:  Berjiwa Pemimpin, Apa sih Profesi yang Cocok untuk Zodiak Leo?

Rasi Auurus – Bull – Bintang Sapi Jantan

Rasi Gemini – Twins – Bintang Kembar

Rasi Cancer – Crab – Bintang Mingkara

Rasi Leo – Lion – Bintang Singa

Rasi Virgo – Virgin – Bintang Mayang

Rasi Libra – Scales – Bintang Neraca

Rasi Scorpius – Scorpion – Bintang Kala

Rasi Sagitarius – Archer – Bintang Pemanah

Rasi Capricornus – Goat – Bintang Judai

Rasi Aquuarius – Watter Bearer – Bintang Dawi

Rasi Pisces – Fish – Bintang Hut

Konstelasi Bintang Penting

Sudah Mulai Terlihat di Langit Malam, Ketahui Fakta Seru Rasi Bintang Orion, yuk! - Semua Halaman - Bobo
Bobo.ID

Selain zodiak, terdapat pula rasi bintang atau konstelasi yang terkenal dan penting untuk diketahui. Berikut penjelasannya.

Orion

Orion merupakan konstelasi bintang yang sangat luas dan memiliki cahaya yang terang. Misalnya, α Orionis (Betelgues) dan β Orionis (Rigel). Di antara konseltasi tersebut terdapat tiga bintang yaitu Delta Orionis, Epsilon Orionis, dan Zeta Orionis.

Crux

Konstelasi bintang Crux sering disebut juga konstelasi Pari, Gubuk Menceng, dan Salib atau South Cross. Konstelasi ini berbentuk seperti salib apabila ditarik dari garis khayal α Cruxis dengan γ Cruxis. Selain itu, konstelasi ini juga dapat digunakan untuk menentukan arah selatan. Caranya dengan menarik garis khayal antara bintang γ Cruxis dengan bintang α Cruxis. Garis khayal ini diperpanjang sampai memotong horizon. Adapun titik potong antara perpanjangan garis dengan horison inilah merupakan letak titik selatan.

Baca juga:  Kamu Tidak Akan Kesepian Punya Sabahat Gemini, Ini Alasannya!

Ursa Mayor

Ursa Mayor terletak di bagian utara dalam tatanan bola antariksa. Konstelasi ini memiliki tujuh buah bintang didalamnya. Ursa Mayor dapat digunakan untuk menentukan arah utara. Caranya dengan menghubungkan bintang β Ursa Mayoris dengan bintang α Ursa Mayoris. Garis khayal ini kita teruskan sampai memotong horizon. Lalu kemudian pada titik potong dari hasil garis ini dengan horizon itulah letak titik utara.

Ursa Minor

Ursa Minor merupakan konstelasi bintang yang memiliki rupa hampir mirip dengan Ursa Mayor. Bedanya Ursa Minor memiliki ukuran bentuk yang lebih kecil. Konstelasi bintang ini memiliki 7 buah bintang di dalamnya. Salah satu bintang α Ursa Minoris letaknya berada tepat di atas titik Kutub Utara. Nama bintang tersebut Polaris dan dapat digunakan untuk menentukan arah utara. Selain itu, bintang ini juga dapat digunakan untuk mencari letak lintang serta menentukan lebar geografis di sebelah utara equator. Misalnya, bintang Polaris tampak 40 di atas horison, maka tempat pengamatan tersebut terletak pada 40 LU.

 

Nah itu dia pengertian dan macam-macam rasi bintang. Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber:

  1. “Apa itu Rasi Bintang?”. https://www.selamatpagi.id/rasi-bintang/.

Rizal, Guru. 2021. “Rasi Bintang”. https://kabarkan.com/rasi-bintang/.