Mengenal Nama Pahlawan Indonesia dan Sejarahnya

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, kalimat tersebut pernah dilontarkan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Kalimat tesebut bisa dipahami dan diteladani dengan cara mengenali nama pahlawan Indonesia dan sejarahnya.

Tentunya, ada banyak sekali pahlawan yang dimiliki Indonesia sejak masa penjajahan hingga Indonesia bisa merdeka sejak tahun 1945. Jasa para pahlawan haruslah terus diingat dan diteladani perjuangannya, sebagaimana pesan Bung Karno, agar Indonesia bisa terus menjadi bangsa yang besar.

Maka, melalui artikel kali ini akan coba mengenali beberapa nama pahlawan Indonesia beserta sejarahnya. Tujuannya jelas, agar kita mengenali sejarah perjuangan para pahlawan dan meneladani hikmah perjuangannnya untuk kehidupan di masa kini.

Pangeran Diponegoro

sumber gambar ; nu.or.id

Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan yang sangat berjasa dalam mengentaskan nasib bangsa Indonesia dari masa penjajahan Belanda. Pangeran Diponegoro menuliskan sejarah perjuangannya melawan penjajah melalui Perang Jawa yang terjadi pada tahun 1825 hingga tahun 1830.

Baca juga:  Yuk, Kenali Perusahaan Trading atau Trading Company

Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro hampir terjadi di seluruh wilayah yang ada di Pulau Jawa. Kecerdasan strategi perang yang dipimpin Pangeran Diponegoro saat itu berhasil membuat para serdadu Belanda menjadi kelimpungan.

Bung Tomo

Bung Tomo merupakan pahlawan yang mengobarkan perjuangan rakyat Indonesia pada pertempuran 10 November di Surabaya. Semangatnya yang membara berhasil menyalakan nyali arek-arek Suroboyo dalam melawan dan mengusir pasukan NICA. Bung Tomo juga dikenang lewat Semboyan perangnya yang begitu legendaris, yakni “Merdeka atau Mati”.

Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura merupakan pahlawan Indonesia yang berasal dari Maluku, namanya sangat wangi dikenang melalui kegigihannya berperang melawan pasukanVOC. Sebagai panglima perang, pahlawan yang memiliki nama Thomas Matulessy ini juga tercatat berhasil menyatukan dua kerajaan Nusantara yang ada di sekitar Maluku, yakni kerajaan Tidore dan kerajaan Ternate untuk bangkit dan bersatu melawan Belanda.

Baca juga:  Review English Academy Center Ruangguru, Cek Disini Sekarang!

Sultan Hasanuddin

sumber gambar ; museumnusantara.com

Sultan Hasanuddin dikenal sebagai salah satu tokoh pahlawan kemerdekaan di Indonesia yang berasa dari Makassar. Kegigihannya dalam berperang menumpas penjajah juga dikenang melalui keberhasilannya dalam menyatukan beberapa kerajaan kecil di wilayah Indonesia timur untuk berperang menumpas pasukan Belanda. Keberhasilan Sultan Hasanuddin itu berhasil dicapai setelah dirinya naik tahta menjadi Sultan di Kerajaan Goa.

Martha Christina Tiahahu merupakan putrid dari Kapitan Paulus Tiahahu, Martha Tiahahu dikenang lewat perjuangannya menumpas pasukan Belanda di Maluku bersama Kapitan Pattimura. Martha Tiahahu merupakan pahlawan wanita yang terjun secara langsung ke medan peperangan saat usia muda.

Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien juga termasuk salah satu tokoh perempuan yang juga berandil besar dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Cut Nyak Dien menuliskan sejarah perjuangannya pada perang bersama rakyat Aceh untuk mengusir pasukan Belanda dari tanah Sumatera. Keberanian Cut Nyak Dien sebagai pahlawan perempuan yang terlibat di medan peperangan terjadi sejak gugurnya sang suami, yakni Ibramim Lamnga.

Baca juga:  Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman Panglima Tentara Republik Indonesia yang pertama, kegigihannya dalam memimpin perang mengusir Belanda dan Jepang bahkan sudah dilakukannya disaat usianya baru menginjak angka 31 tahun.

K.H. Hasyim Asy’ari

Nama besar K.H Hasyim Asy’ari tak hanya dikenal sebagai pendiri Nahdlatul Ulama, tetapi juga sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berjasa di masa peperangan mengusir penjajah.

Itulah beberapa nama pahlawan Indonesia beserta sejarah dan latar belakang singkatnya dalam mengusir para bangsa penjajah. Semoga kita bisa mengenang dan meneladani perjuangan para pahlawan tersebut untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan di masa kini.

Sumber referensi ; https://www.tokopedia.com/blog/pahlawan-perintis-kemerdekaan-indonesia-edu/