Mengenal Nama-Nama Segi, Mari Simak dengan Seksama !

Sumber : fotokita.grid.id

Jika berbicara tentang segi dalam konsep matematika, terdapat istilah geometri dan pengukuran. Geometri merupakan cabang dari ilmu matematika yang yang memiliki kaitan dengan bentuk, ukuran, dan ruang. Pembahasan geometri sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah segi banyak.

Segi banyak seing kali disamakan dengan jenis segi lainnya. Pengertian segi banyak menurut Catur Supratmono dalam bukunya yang berjudul Matematika Asyik adalah bentuk atau gambar tertutup dalam sebuah bidang yang mempunyai tiga sisi atau lebih. Dalam bahasa Yunani, segi banyak disebut dengan “poligon” yang berarti banyak sudut.
Setelah memahami definisi segi banyak, penting untuk mengenal dua jenis segi banyak. Simak penjelasan di bawah ini !

Segi banyak dibagi menjadi dua jenis, yaitu segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Segi banyak beraturan berarti segi banyak yang mempunyai sisi sama panjang dan sudut sama besar. Contohnya adalah segitiga sama sisi dan bujur sangkar.

Sementara itu, segi banyak tidak beraturan memiliki sisi dan sudut yang tidak sama. Bentuknya pun dapat menyerupai cembung atau cekung. Contoh segi banyak tidak beraturan adalah trapesium, belah ketupat, dan jajaran genjang. Segi banyak juga memiliki nama yang disesuaikan dengan jumlah sisi dan sudutnya. Dalam buku Matematika Asyik yang ditulis oleh Catur Supratmono, nama-nama segi banyak antara lain:

Baca juga:  Bagaimana Proses Pernapasan Dada? Simak Penjelasannya!

1. Trigon: Tiga sisi, sering disebut dengan segitiga

Trigon ialah istilah lain untuk menyebut segitiga. Nah, seperti yang sama – sama telah kita ketahui, bahwa segitiga merupakan salah satu bangun datar yang memiliki tiga sisi. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini.

Sumber : youtube.com

2. Tetragon: Empat sisi, sering disebut dengan segi empat

Tetragon adalah istilah lain dalam geomteri dalam menyebutkan segiempat. Segiempat sendiri kerap kali disebut dengan persegi dan persegi panjang. Pastinya kalian telah hafal betul apa dan bagaimana salah satu jenis bangun datar tersebut bukan? Nah mari kita simak gambar di bawah ini.

Sumber : wikiwand.com

3. Pentagon: Lima sisi, sering disebut dengan segi lima

Selain trigon dan tetragon, terdapat segi yang memiliki 5 sisi dan kerap disebut segi lima. Istilah lain dari segi lima ialah pentagon. Bangun datar pentagon pastinya memiliki sisi yang berjumlah 5, baik beraturan maupun tidak beraturan. Yuk, kita simak gambar segi lima di bawah ini.

Baca juga:  Bagaimana Proses Masuknya Jepang Ke Indonesia?

 

Sumber : id.wikipedia.com

4. Heksagon: Enam sisi, sering disebut dengan segi enam

Selanjutnya ada heksagon, yaitu istilah lain dari bangun datar segi enam. Dilihat dari namanya saja segi enam, maka jelas sekali jika bangun datar ini memiliki sisi sejumlah 6 buah. Selain sisinya yang berjumlah enam, sudut dari bangun datar ini juga memiliki jumlah yang sama. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini, agar kita tahu bagaimana sih bentuk dari heksagon tersebut.

 

Sumber : wikipedia

5. Heptagon: Tujuh sisi, sering disebut dengan segi tujuh

Dalam geometri, segi tujuh (disebut juga dengan heptagon) adalah sebuah poligon dengan tujuh sisi dan tujuh sudut. Dalam segi tujuh beraturan, panjang semua sisi dan besar semua sudut sama. Segi tujuh ini juga kerap disebut sebagai septagon. Amati gambar di bawah ini.

Baca juga:  Ruangguru Privat Vs Superprof, Cek Review Disini!

 

Sumber : wikipedia.org

6. Oktagon: Delapan sisi, sering disebut dengan segi delapan

Dalam lingkup geometri, segi delapan memiliki istilah lain dalam penyebutannya yaitu oktagon. Oktagon adalah sebuah poligon yang memiliki sisi dan sudut berjumlah 8 buah. Dalam bentuk yang beraturan, maka panjang semua sis dan sudut oktagon akan sama. Nah, mari kita juga mengenal bentuk dari oktagon. Yuk simak gambar di bawah ini.

Sumber : quizizz.com

Selain 8 nama – nama segi yang telah dibahas di atas, masih ada segi lain yang penamaannya akan bergantung pada banyaknya sisi pada bangun tersebut. Misalnya, Enneagon atau yang kerap kali disebut dengan segi sembilan dan Dekagon ialah segi sepuluh.
Memang, jika berbicara tentang segi dalam konsep matematika, terdapat istilah geometri dan pengukuran. Pembahasan geometri sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah segi banyak yang telah kita bahas di atas.

Sumber rujukan :
https://kumparan.com/kabar-harian/mengenal-definisi-segi-banyak-dan-jenis-jenisnya-1wFtGKpEEBM