Mengenal Jenis-Jenis Organisasi di Kuliah

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Setiap kampus pasti memiliki organisasi untuk mahasiswanya. Sesuai dengan namanya, organisasi mahasiswa merupakan organisasi yang diisi oleh mahasiswa. Hadirnya organisasi ini bertujuan untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang diselenggarakan dalam bentuk kegiatan kokurikuler dan ekstra kurikuler.

Ada beberapa organisasi di kuliah yang bisa kamu ikuti. Setiap organisasi memiliki tugas dan tujuan yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, atau bisa juga memilih organisasi yang dapat membantu mengembangkan diri kamu.

Jenis-Jenis Organisasi di Kuliah

Bagi kamu yang baru akan masuk kuliah, mungkin kamu belum tahu betul apa saja sih organisasi di kuliah. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jenis organisasi yang ada di kampus:

Baca juga:  Rumus Momen Inersia dan Cara Penerapannya

1.Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Organisasi yang satu ini sangat populer di kampus. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Pendidikan Tinggi. Ruang lingkup BEM bisa lebih luas bahkan dapat mencakup satu fakultas atau satu perguruan tinggi.

BEM dapat menjadi jembatan penghubung antara mahasiswa dan lembaga. Selain itu, BEM juga menjadi sarana bagi mahasiswa agar dapat menyalurkan sumbang saran dan aspirasi kepada pihak lembaga untuk mewujudkan kesejahteraan di lingkungan kampus. BEM dipimpin oleh seorang Presiden Mahasiswa atau yang biasa dikenal sebagai Ketua BEM.

2.Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Selanjutnya, ada juga UKM atau singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM adalah organisasi yang mewadahi aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Organisasi ini ada untuk menyalurkan kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

Baca juga:  Ujian Mandiri adalah Apa?

Umumnya, Perguruan Tinggi menyediakan UKM yang dikelompokkan ke dalam beberapa bidang. Ini termasuk Bidang Kemanusiaan (Sukarelawan), Bidang Kewirausahaan, Bidang Olahraga, Bidang Kesenian, dan Bidang Himpunan Kemahasiswaan. Setiap mahasiswa bebas memilih kegiatan yang sesuai dengan yang diinginkan.

3.Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT)

Ada banyak organisasi di kuliah, salah satunya Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT). Pembentukan organisasi ini didasarkan pada SK Mendikbud No. 0459/U/1989 tentang Pedoman Dasar Organisasi Kemahasiswaan.

Senat Mahasiswa adalah lembaga legislatif di tingkat universitas dan anggotanya berasal dari berbagai perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas. Senat Mahasiswa disebut sebagai organisasi yang menjadi wadah representasi bagi mahasiswa, baik secara internal dan eksternal.

Baca juga:  Jenis Jenis Psikotes dalam Proses Rekrutmen Kerja

4.Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Sederhananya, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi mahasiswa tingkat jurusan yang ada di Perguruan Tinggi. HMJ memiliki tugas pokok yakni mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler. Kegiatan tersebut bersifat penalaran sesuai dengan program studi jurusan.

Nah, itulah beberapa jenis organisasi di kuliah. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jenis-jenis organisasi di kampus lainnya. Bagi kamu yang akan masuk kuliah dan penasaran apa saja sih kegiatan organisasi yang bisa kamu ikuti, kamu bisa cek informasi selengkapnya di kampus tempat kamu belajar.