Mengenal Beberapa Jenis Beasiswa di Indonesia

Foto oleh Hai Nguyen dari Pexels

Terkadang ada orang yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi akibat terkendala biaya. Mahalnya biaya pendidikan membuat sebagian orang harus mengubur mimpi untuk meraih pendidikan formal setinggi langit. Namun, kendala tersebut bisa saja teratasi jika seseorang mampu memanfaatkan peluang.

Yang dimaksud peluang disini adalah beasiswa. Dengan beasiswa, semua orang yang memiliki keterbatasan biaya tetap bisa melanjutkan pendidikan. Ada banyak sekali program beasiswa di Indonesia dengan syarat dan ketentuan masing-masing. Tentunya kamu harus memenuhi kualifikasi agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Beberapa Beasiswa di Indonesia

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar beasiswa. Ada berbagai beasiswa di Indonesia, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Ujian Mandiri adalah Apa?

1.Beasiswa Pemerintah

Pemerintah memberikan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan bagi anak-anak Indonesia, mulai dari jenjang sekolah hingga kuliah. Kita bisa melihat beberapa contoh beasiswa pemerintah Indonesia yang paling populer seperti Beasiswa Kartu Indonesia Pintar, Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud Ristek, hingga Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ingin mendapatkan beasiswa dari pemerintah? Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

2.Beasiswa Yayasan

Beasiswa Yayasan merupakan bentuk bantuan pendidikan yang diberikan oleh yayasan atau organisasi. Ada banyak contoh beasiswa yayasan di Indonesia, salah satunya yang paling populer adalah Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie lebih berfokus pada pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu.

Baca juga:  Bagaimana Proses Berdirinya Dinasti Abbasyiyah? Ini Jawabannya

3.Beasiswa Perguruan Tinggi

Jenis beasiswa di Indonesia selanjutnya adalah beasiswa perguruan tinggi. Biasanya perguruan tinggi memiliki program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi atau mahasiswa kurang mampu secara ekonomi. Banyak universitas yang memiliki program beasiswa ini.

4.Beasiswa Pihak Swasta

Banyak juga lho beasiswa dari pihak swasta. Umumnya, beasiswa semacam ini berasal dari perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Ada berbagai pihak swasta yang menyediakan beasiswa pendidikan seperti Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation, Beasiswa Astra, Beasiswa Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa BCA Finance, dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis Beasiswa yang Diberikan

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak pihak yang memberikan beasiswa di Indonesia lainnya. Umumnya, pihak pemberi beasiswa bisa memberikan dua jenis bantuan dana pendidikan yaitu Beasiswa Penuh dan Beasiswa Parsial. Kedua jenis beasiswa ini memiliki perbedaan.

  • Beasiswa Penuh adalah bentuk beasiswa yang memberikan bantuan dana pendidikan secara full. Maksudnya, beasiswa ini menanggung seluruh kebutuhan mahasiswa penerimanya, baik itu biaya akademik maupun non-akademik. Beasiswa Penuh sudah termasuk semua biaya pendidikan sekaligus biaya lain yang diperlukan untuk menunjang kehidupan selama masa studi berlangsung.
  • Berbeda dengan Beasiswa Penuh, Beasiswa Parsial hanya menanggung sebagian biaya yang dibutuhkan selama masa studi. Beasiswa ini diberikan agar dapat meringankan biaya pendidikan seseorang. Contoh beasiswa parsial misalnya seperti potongan uang SPP atau potongan biaya masuk.