Mengenal Apa itu Peta Konsep? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Peta Konsep
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bila ditanya tentang apa itu Peta Konsep? bagaimana kamu akan menjawabnya? mungkin tak akan jauh-jauh dari gambaran permukaan Bumi. Jawaban seperti itu ternyata masih kurang tepat dalam menjelasakan apa yang dimaksud dengan peta konsep.

Ya, wajar saja karena bisa dibilang selama ini pandangan umum sudah kadung memahami ‘peta’ sebagai suatu gambaran dari permukaan Bumi. Sedangkan pada kenyataannya, peta konsep punya pengertian yang cukup berbeda dengan peta seperti pada pengertian umumnya.

Jadi, agar bisa semakin menambah wawasanmu dan pengetahuanmu, sebaiknya kamu memang perlu untuk mengetahui apa itu peta konsep. Atas dasar itulah, artikel kali ini akan membahas peta konsep beserta pengertian, jenis dan juga contohnya.

Baca juga:  Kupas Tuntas Soal Akar Persamaan Kudrat dengan Rumus ABC, Cek Disini!

Pengertian ‘Apa itu Peta Konsep?’

Peta Konsep ternyata merupakan suatu bagan skematif, ataupun juga ilustrasi grafis yang memiliki hubungan antara dua yang saling berkaitan. Peta Konsep dibuat dengan tujuan agar seseorang bisa memberikan penjelasan mengenai pengertian konseptual yang hendak disampaikannya. Sehingga, orang yan mendengarkannya bisa lebih cepat memahaminya dengan mudah.

Peta Konsep dirangkai agar orang-orang bisa lebih mudah dalam merangkai suatu informasi secara ringkas dan mudah dipahami secara naratif. Khususnya pada suatu pembahasan yang konsep-konsepnya saling berhubungan satu sama lain.

Peta Konsep dalam sejarahnya, pertama kali dibuat oleh sebuah tim yang dipimpin Novak pada tahun 1972. Saat itu Novak dan timnya sedang mengerjakan penelitian tentang ilmu pengetahuan seputar anak-anak.

Baca juga:  Jurusan Apa Saja yang Ada di UGM? Cek Daftar Lengkap Beserta Fasilitas Kampusnya
Apa itu Peta Konsep
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Peta Konsep

  • Pohon Jaringan, Jenis peta konsep ini dibuat dengan menggunakan bentuk persegi empat, dimana beberapa kata kunci dihubungkan dengan garis penghubung. Kata kunci yang terhubung oleh garis tersebutlah yang memberikan hubungan dalam setiap kata kunci secara konseptual.
  • Rantai Kejadian, Jenis peta konsep yang satu ini menerangkan hubungan konsep dalam bentuk urutan kejadian, langkah-langkah prosedural maupun tahapan proses.
  • Siklus Peta Konsep, Jenis peta konsep yang rangkaian konsepnya mengarah kembali pada tahapan awal. Konsepnya kembali berputar tanpa akhiran dan terus berulang-ulang.
  • Peta Konsep Laba-Laba, jenis peta konsep yang menerangkan berbagai konsep pemikiran yang bersumber dari pemikiran inti. Jenis peta konsep ini mencacah berbagai ide maupun gagasan yang ada agar orang-orang bisa memvisualisasikannya secara jelas.
Baca juga:  Rumus Diskriminan dan Cara Menghitungnya

Contoh Peta Konsep

  • Peta Konsep tentang Kronologi meletusnya Gunung Merapi.
  • Peta Konsep Sifat-Sifat Cahaya.
  • Peta Konsep Pembuatan Adonan Kue
  • Peta Konsep Merakit Sepeda Motor.

 

 

sumber referensi : https://eurekapendidikan.com/macam-macam-peta-konsep