Mengenal Apa itu Influencer? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Influencer?
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Influencer? memasuki pesatnya kemajuan era teknologi digital, kita pun semakin sering mendengar istilah Influencer. Kehadiran Influencer juga turut memberikan andil besar dalam lesatan dari berbagai tren yang meledak dikalangan masyarakat.

Influencer tak ubahnya pintu gerbang yang memperkenalkan setiap orang dengan segala hal yang bersifat baru bagi semua kalangan. Umumnya, Influencer memiliki paras rupa menawan dan prestasi maupun keahlian yang hebat serta diakui oleh publik.

Influencer memiliki citra yang baik dan cenderung sangat disenangi publik, bahkan hampir setiap gerak geriknya selalu menjadi topik pemabahasan menarik. Hal itu pula yang pada akhrinya juga mendorong terjadinya perubahan dalam bidang marketing, melalui keberadaan Influencer.

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bogor yang Instagramable dan Kekinian

Jadi, apa sih sebenarnya yang dimaksud sebagai Influencer?

Pengertian ‘Apa itu Influencer?’

Influencer adalah orang yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mempengaruhi publik melalui popularitas beserta daya tarik keunggulannya. Daya tarik seorang Influencer bisa berupa prestasi, keahlian personal, serta juga melalui paras rupa yang menarik untuk dilihat.

Influencer dalam dampak perkembangannya juga mulai merambah ke dunia marketing. Seorang Influencer bisa mengajak publik untuk membeli produk yang sedang dipromosiannya. Artinya, seorang Influencer memang punya kekuatan untuk mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu produk agar menimbulkan impresi positif.

Bahkan, keberadaan Influencer tidak sebatas untuk bekerja sama mempromosikan suatu produk agar publik jadi mengenal dan tertarik. Bahkan, Influencer juga memiliki daya tarik untuk menyuarakan pesan atau ajakan tertentu kepada publik. Pada akhirnya, keberadaan Influencer sudah bukan lagi sebatas hobi, tapi sudah bisa menjadi profesi yang sudah berkembang pesat di era digital.

Baca juga:  Menjawab Apa itu Coding? Pengertian, Jenis dan Contohnya
Apa itu Influencer?
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Influencer

Influencer bisa dikategorikan berdasarkan jenis-jenisnya berikut ini.

  • Nano Influencer, merupakan seorang Influencer yang memiliki jumlah followers antara 1000-10.ooo di sosial medianya. Umumnya, jenis Influencer yang satu ini tingkat kepercayaan publik yang cukup tinggi serta jasa yang cukup terjangkau.
  • Micro Influencer, Jenis Influencer yang satu ini memiliki jumlah followers antara 1000 hingga 100.000 di media sosialnya. Tingkat kepercayaan publik jauh lebih tinggi, serta jasanya lebih mahal ketimbang Nano Influencer.
  • Macro Influencer, memiliki jumlah followers antara 100.000 hingga 1 juta di media sosialnya. Jangkauan pesannya jauh lebih luas, namun tingkat interaksinya kurang intens.
  • Mega Influencer, memiliki lebih dari 1 Juta followers di media sosialnya. Umumnya, influencer jenis ini sudah menjadi publik figur dengan jangkauan interaksi berskala nasional. Tarif jasanya jelas merupakan yang paling mahal.
Baca juga:  Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bagi Freshgrade

Contoh Influencer

  • Anya Geraldine
  • Rachel Venya
  • Abel Cantika
  • Tasya Farasya

 

sumber referensi : https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/pengertian-influencer-jenis-influencer/