Mengenal Apa itu Independen? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Independen
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Independen? tentunya, kamu pasti sudah pernah mendengar atau mengenal istilah Independen tersebut. Tapi pertanyaannnya, apakah kamu memahami pengertian dari Independen? beserta jenis dan contohnya.

Sebagai seorang yang tumbuh di era kemajuan teknologi, kamu perlu memiliki prinsip dan tujuan hidup yang jelas. Bila tidak, kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang tidak punya pendirian dan rentan terpengaruh oleh setiap dampak dari kemajuan teknologi.

Padahal, dampak dari kemajuan teknologi tidak selalu akan membawa manfaat yang bisa membentuk dirimu menjadi lebih baik. Ada ruang-ruang dimana kemajuan teknologi justru akan bisa menjemuruskan dirimu dalam hal-hal negatif. Hal seperti itu hanya akan terjadi bila seseorang tidak memiliki prinsip dan tidak mengenal arti Independen.

Baca juga:  Lulusan Computer Science Jadi Apa? Berikut Info Lengkapnya

Jadi, apa itu Independen?

Pengertian ‘Apa itu Independen?’

Independen dapat dipahami sebagai suatu sikap maupun sifat dari seseorang yang tidak ingin selalu bergantung pada orang lain. Baik dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya, maupun kepentingan pribadinya, orang yang disebut Independen tersebut memilih untuk mandiri.

Dilain sisi, Independen juga bermakna sebagai sikap netral yang tidak memihak pada kelompok manapun dalam konteks kehidupan sosial politik. Sikap Independen mengarah pada pandangan bahwa seorang Individu tidak ingin dikontrol oleh kelompok ataupun pihak manapun. Sikap Independen lebih menekankan pada rasa kebebasan untuk tidak tunduk pada kekuasaan yang bisa mengontrol kebebasan prinsipnya.

Apa itu Independen
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Independen

  • Independen Usia, seseorang yang memilih untuk bersikap Independen karena pertambahan usia yang memanbah kematangan mental untuk berprinsip mandiri.
  • Independen Individual, seseorang yang berprinsip Independen karena tumbuhnya keyakinan dan semangat positif untuk bisa hidup mandiri.
  • Independen Akademis, seseorang yang mendapatkan pandangan dan prinsip Independen dalam hidupnya dari lingkungan pendidikan. Segala pengalaman dan pengetahuan yang telah didapatnya di lembaga pendidikan telah membuatnya menjadi lebih berani dan inovatif karena bekal pengetahuannya.
  • Independen Keluarga, seseorang yang menanamkan prinsip Independen karena telah memiliki tanggung jawab dalam keluarga. Artinya, jenis Independen yang satu ini akan berusaha agar selalu bisa memenuhi kebutuhan keluarganya tanpa bergantung pada siapapun.
  • Independen Lingkungan, seseorang yang memiliki sikap Independen karena pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Hasil Interkasinya dengan orang lain yang telah mandiri menjadi suatu Inspirasi bagi dirinya agar bisa menjadi pribadi yang mandiri.
Baca juga:  Usaha dan Pesawat Sederhana

Contoh Sikap Independen

  • Brandon menabung agar bisa membeli HP tanpa meminta uang pada orang tuanya.
  • Justin tidak mengikuti teman-temannya yang berdebat tentang siapa yang terbaik diantara 2 temannya yang menjadi calon ketua OSIS.

 

sumber referensi : https://dosenpintar.com/pengertian-independen/