Mengenal Apa itu Crypto? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Crypto?
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Crypto? akhir-akhir ini tentunya kamu semakin akrab dengan kata ‘Crypto’ saat sedang membaca berita. Khususnya berita yang berkaitan dengan tema bisnis, ekonomi maupun juga Investasi, Crypto hampir selalu menjadi topik pembahasan.

Pesatnya perkembangan dunia digital dengan segala kecanggihan tekonologinya yang ada memang membawa efek ke berbagai bidang kehidupan. Termasuk di bidang Ekonomi dengan hadirnya Crypto sebagai salah satu hal baru yang hadir dari pesatnya perkembangan dunia digital.

Dewasa ini, kita sudah familiar dengan inovasi dalam sektor perbelanjaan online yang bahkan menyediakan fitur transaksi yang super mudah. Hadirnya dompet digital atau e-wallet telah memungkinkan seseorang untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara non-tunai.

Baca juga:  Inilah Deretan Obat Sakit Pinggang yang Aman dan Ampuh Menyembuhkan

Lalu, sekarang telah muncul lagi Crypto sebagai salah satu terobosan baru dalam dunia digital, tepatnya dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Pengertian ‘Apa itu Crypto?’

Crypto adalah mata uang digital yang dirancang dengan fungsi kegunaan untuk media transaksi pertukaran berbasis kriptografi yang super canggih. Crypto dirancang dengan sistem kriptografi yang kuat untuk mengamankan segala data transaksi keuangan, mengontrol unit tamabahan hingga verifikasi transfer aset.

Sebagai mata uang digital, peredaran mata uang Crypto tidak hanya dikelola dan dikendalikan oleh satu Bank atau perusahaan tertentu. Artinya, mata uang Crypto memiki sifat desentralisasi, yakni segala bentuk transaksi yang menggunakan mata uang Crypto tidak akan melibatkan pihak lain sebagai perantara.

Baca juga:  Apa itu Media Partner dan Contohnya? Berikut Info Lengkapnya

Satu hal yang harus kita ketahui bahwa, uang Crypto tidaklah memiliki wujud fisik sebagaimana mata uang lain pada umumnya. Wujud uang crypto hanya dapat dilihat keberadaannya melalui Internet, tempat penyimpanannya berada pada suatu jaringan bernama Blockchain.

Blockchain merupakan sistem yang bertugas untuk mengelola transaksi mata uang digital secara mandiri, tanpa pihak ketiga. Menariknya, yang bisa mengelola sistem transaksi mata uang digital dalam Blockchain adalah pemiliknya sendiri.

Apa itu Crypto?
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Crypto

  • Bitcoin, jenis Crypto pertama yang masih populer sejak kemunculannya pada tahun 2009. Bahkan 68% dari total cryptocurrency yang ada merupakan Bitcoin.
  • Litecoin, Jenis crypto yang muncul pada tahun 2011 yang mampu melakukan transaksi yang jauh lebih cepat tanpa sistem komputasi yang super tinggi.
  • Dogecoin, besaran nilainya tidak sebesar Bitcoin sehingga kerap digunakan sebagai kegiatan donasi dan amal.
  • Bitcoincash, muncul pada tahun 2017 dan kemudian membentuk mata uang digital sendiri.
Baca juga:  Perhatikan Ini, Tips Presentasi Agar Menarik dan Efektif

 

Contoh Crypto

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Binance Coin
  • Cardano
  • Dogecoin
  • Litecoin
  • Feathercoin

 

sumber referensi : https://glints.com/id/lowongan/cryptocurrency-adalah/#.YvpOzC5BzIU