Mengenal Apa itu Amandemen? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Amandemen
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Dapatkah kamu menjelaskan apa itu Amandemen? sebagian dari kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Istilah Amandemen identik dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bukankah begitu?

Sebagai putra dan putri bangsa yang berjiwa nasionalis, tentu kita harus sebisa mungkin untuk bisa memahami isi dari UUD 1945. Tak hanya memahami isinya, tapi juga menghayati nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Bahkan yang lebih penting lagi, bagaimana agar kita bisa mengamalkan nilai-nilai yang ada didalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali narasi sejarah yang berkaitan dengan penyusunan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahkan hingga lika-liku perjalanannya sebagai dasar negara dalam mengawal perjalanan bangsa Indonesia di era Kemerdekaan.

Baca juga:  Proses Perumusan Dasar Negara, Begini Urutannya

Untuk itulah, kita perlu memahami apa itu Amandemen?

Pengertian ‘Apa itu Amandemen?’

Amandemen dapat dipahami sebagai adanya perubahan resmi yang bersifat memperbaiki pada suatu dokumen negara maupun pemerintahan. Amandemen bersifat usulan yang harus dipahami dan disepakati oleh pihak-pihak yang yang terlibat dalam perjanjian didalamnya.

Sedangkan bila ditinjau pengertiannya dari Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), maka Amandemen memiliki pengertian yang berbeda. Yakni ;

Perubahan atas materi dokumen resmi yang disetujui oleh seluruh pihak yang terlibat dalam perjanjian dan ditandatangani bersama; amandemen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penjanjian pokok

Amandemen juga berlaku dan terjadi dalam bidang bisnis dan Ekonomi. Adanya suatu Amandemen secara umum memang dilakukan untuk memperbaiki kesepakatan dan kondisi yang dirasa akan sama-sama membawa kebaikan bersama.

Baca juga:  Menjanjikan! Inilah 14 Prospek Kerja Jurusan Bisnis dengan Gaji Besar
Apa itu Amandemen
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Amandemen

Jenis-Jenis Amandemen bisa dilihat dari Amandemen yang pernah dilakukan pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berikut ini adalah beberapa catatan dan jenis Amandemen yang pernah dilakukan.

  • Amandemen Rumusan Baru, MPR pernah mengubah rumusan baru dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal itu dilakukan sebagai wujud perbaikan sesuai dengan relevansi zaman terkini.
  • Amandemen Tempat dan Ayat Pasal, MPR juga pernah memperbaiki tempat dan ayat pada beberapa pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Perubahan tersebut dilakukan untuk pertimbangan perbaikan.
  • Amandemen Penomoran Pasal atau Ayat, MPR juga pernah melakukan amandemen dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bagian penomoran pasal dan ayat dilakukan dalam rangka perbaikan yang lebih baik lagi.
Baca juga:  Jurusan di IPB Apa Saja? Cek Daftar Prodi dan Daya Tampungnya Tahun 2022

Contoh Amandemen

  • Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Amandemen Kontrak Kerja.
  • Amandemen Kontrak Pengadaan Barang.

 

sumber referensi : https://kamus.tokopedia.com/a/amendemen/