Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Seperti yang diceritakan dalam buku-buku sejarah, Selat Malaka memiliki peranan yang sangat penting bagi seluruh Nusantara. Bahkan, tak hanya zaman kerajaan Sriwijaya saja, hingga saat ini, Selat Malaka memiliki peran yang sangat penting. Mengapa selat malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan Sriwijaya?

Salah satu hal yang menyebabkan Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa Kerajaan Sriwijaya karena menjadi jalur perdagangan internasional. Banyak kapal-kapal dagang dari beragai negara melintasi Selat Malaka ini untuk sampai di Indonesia.

Alasan Selat malaka Mempunyai Peranan Penting

Di antara alasan mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa Kerajaan Sriwijaya adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan Jalur Utama

Selat Malaka merupakan jalur utama yang menghubungkan antara barat dan timur. Hal tersebut disebutkan oleh situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Terdapat kurang lebih 400 pelabuhan dan 700 buah kapal yang bergantung kepada Selat Malaka ini,

Baca juga:  Apa Saja Jurusan Universitas Terbuka? Ini Informasinya!

Sebab, wilayah ini merupakan jalur utama sejak masa awal peradaban manusia di Nusantara. Sejak dahulu, di Selat Malaka ini banyak para pedangang yang datang dari berbagai negara. Salah satunya adalah dari Tamil, India, yang jumlahnya lebih banyak dibanding pedagang lainnya.

Sebagai penguasa selat tersebut, kerajaan Sriwijaya merasa berhak untuk menarik pajak dari pedagang-pedagang yang melintas melalui Selat Malaka tersebut.

Akibat pajak yang terlalu tinggi, kerajaan Cola menyerang Sriwijaya sebanyak dua kali karena mendapat laporan dari para pedagang yang melintas. Hal itu berdampak membuat Sriwijaya menjadi lemah dan berbagai penguasa di Selat Malaka bergantian.

  1. Pertukaran Kebudayaan

Selain merupakan jalur utama, Selat Malaka juga menjadi tempat pertukaran kebudayaan dari berbagai negara. Pasalnya, pedagang yang berdatangan bukan hanya berasal dari satu negara saja. Akibatnya, pertukaran kebudayaan pun semakin cepat berkembang.

  1. Letak Selat malaka

Berdasarkan catatan Encyclopedia Britannica (2015), Selat Malaka merupakan jalur air yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut China Selatan (Samudera Pasific). Selat Malaka tersebut membentang antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia dan Thailand pada bagian Selatan.

Baca juga:  Proses Fertilisasi pada Manusia, Bagini Penjelasannya

Sebagai penghubung antara Samudera Hindia dan Laut China Selatan, Selat Malaka ini menjadi rute laut terpendek antara India dan China. Bahkan, pada masa awal, Selat Malaka membantu menentukan arah migrasi besar-besaran orang Asia melalui Kepulauan Melayu.

Nah, itulah alasan mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan Sriwijaya. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaan kamu.