Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Tak dapat dimungkiri, minyak bumi merupakan salah satu komoditas yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Namun, komoditas ini ternyata suatu saat bisa mengalami kepunahan apabila tidak dikendalikan penggunaannya. Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui?

Minyak bumi disebut sebagai ‘emas hitam’ karena merupakan komoditas yang sangat berharga di dunia. Apalagi, minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Nah, alasan mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui akan dibahas pada ulasan berikut ini,

Alasan Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui

Minyak bumi merupakan komoditas yang tersimpan di perut bumi. Bahkan, sumber day aini berada di dalam pori-pori batuan suatu kolam di perut bumi yang disebut sebagai redervoir. Artinya, minyak bumi ini terletak sangat jauh di dalam bumi.

Baca juga:  Cara Mudah Mempelajari Pengurangan Pecahan

Minyak bumi dapat terbentuk ketika iklim bumi sangat berbeda. Ia terbentuk melalui proses alami dan memakan jutaan tahun lamanya. Hal itulah yang membuat minyak bumi tidak dapat diperbarui. Pasalnya, tidak ada manusia yang bisa memproses siklus pembentukan minyak bumi tersebut.

Adapun dilansir dari Kmenterian Energi dan Sumber Daya Mineral, terdapat tiga teori yang membahas mengenai pembentukan minyak bumi ini. Beberapa teori tersebut adalah sebagai berikut.

  • Teori Biogenetik yang menyebutkan bahwa minyak bumi dan gas alam terbentuk dari adanya jasad organic seperti hewan dan tumbuhan yang mati tertimbun endapan pasir dan lumpur.
  • Teori Anorganik Menyebut bahwa minyak bumi terbentuk dari aktivitas bakteri.
  • Teori Duplex yang menjelaskan bahwa minyak bumi dan gas alam terbentuk dari berbagai jenis organisme laut baik hewan maupun tumbuhan.
Baca juga:  Jurusan Multimedia Bisa Kerja Dimana? Cek 10 Rekomendasi Profesi dan Gajinya

Pencarian Minyak Bumi

Pencarian minyak bumi memerlukan berbagai tahapan eksplorasi. Di antaranya adalah studi geologi, studi geofisika, survei seismik, dan pengeboran eksplorasi. Studi geologi dilakukan untuk mengetahui kondisi geologi sebuah wilayah seperti struktur dan susunan batu di laposan bawah permukaan.

Kemudian studi lanjutan yang disebut dengan studi geofisika. Studi ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik batuan mulai dari permukaan bumi higga jauh ke dalam tanah. Metode yang umum digunakan untuk mengetahui sifat fisik batuan adalah survei seismik.

Setelah alat pembangkit gelombang suara atau getaran dipasang, maka akan ditembakkan ke bawah laut atau tanah. Gelombang suara tersebut akan dipantulkan sesuai dengn lapisan tanah yang dilaluinya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh? Ini Beberapa Tipsnya!

Setelah pantulan itu didapatkan, kondisi di bawah permukaan bumi direkonstruksi menjadi gambar dua dimensi di komputer. Nah, begitu susahnya minyak bumi direproduksi. Hal itulah yang menyebabkan minyak bumi tidak dapat diperbarui.