Mengapa Kita Harus Melestarikan Sumber Energi

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Pernahkah kamu memikirkan kenapa kita membutuhkan istirahat setelah melakukan aktivitas berat? Selain itu, pernahkah kamu memilikirkan kenapa kita membutuhkan asupan makanan atau minuman? Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan energi tubuh. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa kita harus melestarikan sumber energi.

Seperti yang kita ketahui, makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sementara itu, kita tahu bahwa satu-satunya makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri adalah tumbuhan. Oleh karena itu, tumbuhan menjadi salah satu sumber energi yang harus kita lestarikan.

Mengapa Kita Harus Melestarikan Sumber Energi?

Selain itu, manusia juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi untuk menghindari dehidrasi. Kita juga tahu, untuk minum itu sendiri kita membutuhkan air bersih. Oleh karena itu, air bersih merupakan sumber energi harus dilestarikan.

Baca juga:  Bagaimana Cara Bernyanyi yang Benar? Begini Penjelasannya

Pada kenyataannya, kini banyak sumber energi air yang telah tercemar. Hal itu bisa disebabkan oleh sampah atau limbah. Bahkan, air tak hanya merupakan sumber energi bagi tubuh, melainkan juga sebagai sumber energi listrik. Jadi, kita harus menjaga kelestarian sumber energi ini karena beberapa hal berikut.

  1. Menjaga Sumber Daya Alam yang Tak Bisa Diperbarui

Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui adalah batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Beberapa energi tersebut jika tak dilestarikan maka akan habis. Dengan begitu, kehidupan manusia pun dapat terganggu.

Apalagi, semakin banyaknya energi yang digunakan oleh manusia, maka akan semakin besar pula sumber energi yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan penghematan atas sumber daya alam yang tak dapat diperbarui tersebut.

  1. Mengurangi Polusi

Polusi yang meningkat salah satunya disebabkan oleh penggunaan sumber energi yang semakin besar. Misalnya, ketika kita boros menggunakan listrik, maka akan semakin menimbulkan polusi yang menyebabkan udara semakin panas, bahkan bising.

Baca juga:  Apa Kuliah Dokter Harus IPA? Simak Informasi Lengkap Jurusan Kedokteran Berikut Ini

Oleh karena itu, untuk mengurangi polusi, kita harus mengurangi penggunaan bahan bakar seperti pada penggunaan kendaraan bermotor.

  1. Mengurangi Pengeluaran

Salah satu alasan mengapa kita harus melestarikan sumber energi adalah menghemat pengeluaran. Misalnya, ketika kita hemat dalam penggunaan listrik, maka kita akan membayarnya lebih sedikit untuk biaya listrik.

Sebaliknya, semakin boros kita menggunakan sumber energi maka semakin banyak pula pengeluaran kita. Nah, itulah beberapa alasan mengapa kita harus melestarikan sumber energi. Semoga uraian ini bermanfaat bagi kamu, ya!