Mengapa Kita Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga?

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Sebelum berolahraga, kita wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sebelum berolahraga sangat penting untuk mencegah cedera dan untuk meningkatkan kinerja fisik kita. Berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu dapat berdampak buruk pada tubuh. Selain itu, kita juga cenderung tidak mendapatkan hasil maksimal dari olahraga yang kita jalankan.

Sayangnya, banyak orang melewatkan pemanasan. Alasannya biasanya karena mereka tidak memiliki cukup waktu dan tidak berpikir mereka mendapatkan banyak manfaat dari melakukan pemanasan. Padahal, pemasangan memberikan banyak manfaat lho. Yuk, kita bahas!

Mengapa Kita Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga?

Tak bisa dipungkiri, pemanasan menjadi salah satu hal penting yang harus kita lakukan. Pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik apapun sangatlah bermanfaat, tetapi tujuan utama dari pemanasan adalah mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk menghadapi aktivitas berat. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan meningkatkan suhu inti tubuh, sekaligus meningkatkan suhu otot tubuh.

Baca juga:  Skema Proses Pembentukan Urine

Dengan meningkatkan suhu otot, maka otot akan menjadi kendur, kenyal, dan lentur. Selain itu, pemanasan yang efektif juga dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan kita. Ini meningkatkan aliran darah, yang bisa meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke otot-otot yang bekerja. Semua ini membantu mempersiapkan otot, tendon, dan persendian untuk aktivitas yang lebih berat.

Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan yang tepat adalah suatu bentuk latihan yang menghangatkan tubuh. Pemanasan dilakukan sebagai persiapan untuk meningkatkan atau mencapai rangsangan yang diinginkan dari olahraga. Ada berbagai manfaat melakukan pemanasan sebelum olahraga, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Meningkatkan Aliran Darah ke Seluruh Tubuh

Saat istirahat, sekitar 20% darah dalam tubuh dialokasikan ke otot rangka. Sedangkan 20% lainnya didistribusikan ke ginjal dan 20% lainnya ke perut. Ini berarti energi yang dibutuhkan untuk kembali jongkok 300 lbs, 30 kali difokuskan di bagian tubuh yang lain. Setelah pemanasan, darah dialihkan ke otot yang mengambil lebih dari 71% aliran darah. Ini 3,5 kali lebih banyak darah. Lebih banyak darah berarti lebih banyak energi dan lebih banyak pemulihan selama kita olahraga.

Baca juga:  Sukses UTBK dengan Fitur ruangbelajar di Ruangguru, Cek Harga Paket Sekarang!

2.Membantu Meningkatkan Suhu Tubuh dan Otot

Pemanasan yang baik akan meningkatkan suhu tubuh, yang sangat membantu otot kita. Saat suhu otot meningkat, oksigen menjadi lebih tersedia untuk otot, yang memungkinkannya untuk berkontraksi dan rileks lebih mudah. Hal ini dapat membuat kita mampu melakukan tugas yang lebih berat dengan mudah.

3.Mengurangi Resiko Cidera

Dalam Journal of Sports Science and Medicine, penelitian menemukan bahwa pemanasan secara signifikan mengurangi resiko cedera. Studi juga menunjukkan bahwa potensi pengurangan tingkat cedera mungkin lebih besar jika jenis pemanasan berhubungan langsung dengan aktivitas yang dilakukan selanjutnya, dan di mana para peserta memiliki usia yang sama.

Nah, itulah alasan mengapa kita harus melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Semoga bisa menambah wawasan kamu tentang betapa pentingnya melakukan pemanasan sebelum berolahraga.