Mengapa Indonesia Harus Terlibat Dalam Perdamaian Dunia? Ini Alasannya

Sumber: kompascom

OMTELOLET Рyang kita ketahui, Indonesia selalu menjadi salah satu negara yang terlibat dalam upaya perdamaian, meskipun itu konflik antarnegara lain. Lantas, mengapa Bangsa Indonesia harus terlibat dalam  perdamaian dunia? Berikut akan dijelaskan alasannya.

Seperti halnya baru-baru ini, Indonesia terlibat dalam upaya diplomasi, seperti untuk Palestina dan Myanmar. Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia ini sudah tak usah diragukan lagi, Mengapa Bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?

Mengapa Bangsa Indonesia Harus Terlibat Dalam Upaya untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia?

Salah satu alasan mengapa Bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia adalah karena perdamaian dunia merupakan salah satu cita-cita kemerdekaan dan tujuan politik luar negeri Indonesia sendiri.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghemat Air? Ini Tipsnya!

Jadi, pernyataan sikap Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia tercantum jelas dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat.

Bunyi Alenia Keempat UUD 1945

Dalam alenia keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, tertuang beberpa cita-cita kemerdekaan serta tujuan bangsa Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • Memajukan kesejahteraan umum
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

Oleh karena itu, keikutsertaan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia itu menjadi salah satu implementasi dari cita-cita yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut.

Alasan Lain Indonesia Turut Serta dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Indonesia merupakan salah satu bagian dari masyarakat dunia. Oleh karena itu, peran aktif Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia menjadi sebuah keharusan.

Baca juga:  Contoh Cerita Berkumpul Bersama Keluarga

Tak hanya itu, cita-cita kemerdiekaan Indonesia juga mejelaskan bahwa segala bentuk penjajahan harus dihapuskan karena kemerdekaan adalah hak. Maka, sudah semestinya Indonesia turut serta dalam membebaskan bangsa-bangsa terjajah untuk mengimplementasikan cita-cita tersebut.

Wujud Keikutsertaan Indonesia dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Indoneisa mewujudkan komitmen untuk terlibat dalam perdamaian dunia. Hal itu dapat dilihat dari keikutsertaan Indonesia dalam organisasi dunia seperti Peserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain itu, pada 8 Juni 2018 lalu, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020.

Sementara itu, dalam lingkup Asia Tenggara, Indonesia terlibat aktif dalam organisasi Association of Southeast Asian Nation (ASEAN). Salah satu peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui ASEAN ini adalah mendukung Gerakan Zona Bebas Nuklir.

Baca juga:  Begini, Cara Mudah Mengenali Perbedaan Saintek dan Soshum

Nah, itulah alasan mengapa Bangsa Indonesia harus terlibat dalam perdamaian dunia yang bisa kamu ketahui. Semoga uraian ini bermanfaat, ya!