Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim

Sumber: civitas.uns.id

OMTELOLET – Indonesia merupakan suatu negara kepulauan terbesar di dunia. Pasalnya, negara ini memiliki 17.000 pulau. Karena itu, kamu pasti pernah mendengar Indonesia seringkali disebut dengan negara maritim. Lantas, apa itu negara maritim dan mengapa Indonesia disebut negara maritim?

  1. Memiliki Wilayah Laut yang Lebih Luas daripada Darat

Indonesia disebut negara maritim karena memiliki wilayah laut yang lebih luas daripada daratan. Indonesia dikenal dengan negara yang terdiri dari ribuan pulau. Namun, hanya sebesar 62% dari wilayah Indonesia yang ditutupi oleh laut.

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan di Universitas Negeri Malang dan Akreditasinya, Mana Pilihan Kamu?

Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan data bahwa luas wilayah laut Indonesia mencapai 6,32 juta km2. Panjang garis pantai Indonesia bahkan mencapai 81.000 km atau terpanjang kedua setelah Kanada. Sementara itu, daratannya hanya memiliki luas 2 juta km2.

  1. Kehidupan Masyarakat yang Dekat dengan Laut

Laut bisa dibilang menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat Indonesia. Kehidupan mereka begitu dekat dengan laut, terutama masyarakat pesisir. Mereka banyak bekerja sebagai nelayan. Selain itu, pantai-pantai di Indonesia juga dikenal sebagai pantai terindah di dunia.

Tak hanya itu, bahkan Indonesia juga memiliki Suku Bajo di Sulawesi Selatan yang hidup sebagai nelayan dan bertempat tinggal di aatas laut

  1. Potensi Laut Melimpah

Selain itu, mengapa Indonesia disebut negara maritim? Hal tersebut juga dikarenakan Indonesia memiliki laut yang memiliki potensi laut yang melimpah. Apabila kekayaan tersebut diukur dengan nominal uang, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah memprediksi kekayaan itu setara dengan 93% pemasukan APBN pada 2018.

Baca juga:  4 Tips Tes Toefl Agar Lulus dengan Nilai yang Bagus

Bahkan, Lembaga tersebut juga memperkirakan nilai kasar potensi laut Indonesia sampai Maret 2019 adalah 1,77 trilun. Nilai kekayaan tersebut sebagian besar berasal dari Indurstri perikanan. Ditambah lagi dengan adanya terumbu karang, mangrove, dan kekayaan pesisir. Belum lagi bioteknologi, wisata buatan, dan lainnya.

  1. Memiliki Banyak Sumber Wisata Bahari

Indonesia dinobatkan menjadi salah satu negara dengan tempat wisata pemandangan paling indah di seluruh dunia. Beberapa destinasi wisata yang biasa dikunjungi turis mancanegara adalah Pulau Komodo, NTT, Pantai Derawan, Kalimantan Timur, dan Gili Air di Lombok.

  1. Memiliki Posisi yang Strategis di Perairan Internasional

Indoneisa memiliki posisi yang sangat stategis dalam jalur pelayaran internasional. Sebab, negara ini terletak di antara dua samudera, yakni Pasifik dan Hindia serta dua benua, yakni benua Asia dan Australia.

Baca juga:  Contoh CV dan Resume Paling Menarik dan Kreatif, Cek Disini!

Itulah beberapa alasan mengapa Indonesia disebut negara maritim, Semoga uraian ini bisa membantu Anda mendapatkan informasi mengenai Indoneisa sebagai negara maritim terbesar di dunia.