Mengapa Dinding Bioskop Dilapisi Bahan Karpet?

Sumber: bisnis.tempo.com

OMTELOLET – Pernahkah kamu menonton film di bioskop? Apakah kamu memperhatikan bahwa dinding bioskop dilapisi bahan karpet? Apa alasan mengapa dinding bioskop dilapisi bahan karpet? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut dan kaitannya dengan rambat bunyi.

Bioskop memang sengaja dilapisi dengan bahan karpet di seluruh permukannya. Hal tersebut berfungsi untuk meredam suara agar tak sampai mengganggu lingkungan sekitarnya. Selain itu, terdapat alasan lain dinding bioskop dilapisi bahan karpet. Berikut akan dijelaskan masing-masing alasan tersebut.

Alasan Mengapa Dinding Bioskop Dilapisi Karpet

Desain dan arsitektur bioskop memang dipasang sedemikian rupa dengan lapisan karpet. Adapun fungsi pemasangan karpet pada dinding bioskop tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Bahan Peredam Suara

Ini merupakan alasan pertama mengapa dinding bioskop dilapisi bahan karpet. Seperti yang kita ketahui, di dalam bioskop. Pada saat menonton film tentu suara bioskop yang keras tersebut akan dapat terdengar hingga keluar. Apa jadinya jika tidak dipasang karpet pada dinding-dindingnya?

Baca juga:  Mempelajari Apa Itu Kapitalisme? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tentu suara dari bioskop tersebut akan saling berbenturan dengan suara gedung bioskop yang lainnya. Nah, dengan adanya bahan karpet tersebut, maka suara dalam gedung bioskop dapat diredam pada satu ruangan saja. Di mana tidak akan terdengar dari luar ruangan bioskop.

  1. Sifat Karpet Tebal dan Tertutup

Mengapa meredam suara menggunakan bahan karpet? Meskipun banyak bahan lain yang mampu meredam suara, akan tetapi bahan karpet terbukti lebih baik untuk menyerap suara. Hal itu karena sifatnya yang tertutup rapat dan tebal. Sehingga mamp meminimalisir setiap suara yang keluar ketika film dimulai.

  1. Mampu Menyerap Suara Secara Efektif

Berbeda dengan bahan lainnya, material karpet ini merupakan bahan pelapis atau peredam suara yang banyak digunakan di bioskop karena terbukti kualitasnya dalam menyerap suara.

  1. Harga Lebih Murah dan Cocok untuk Tampilan Dinding

Selain kemampuan maksimalnya untuk menyerap suara, bahan karpet juga didapat dengan lebih terjangkau dan menjadikan tampilan dinding lebih elegan. Harga bahan karpet ini dinilai lebih ekonomis dibanding penyerap suara lainnya. Dengan begitu, biaya produksi bangunan pun akan lebih bisa ditekan.

  1. Lebih Awet dan Mudah Dibersihkan

Karppet lebih mudah dibersihkan dan tentu saja lebih awet. Hanya dengan menggunakan vacuum cleaner saja, debu dan kotoran yang menempel pada dinding akan lebih mudah tersedot dengan efektif.

Baca juga:  Rumus Barisan Geometri dan Cara Menghitungnya

Nah, itulah alasan mengapa dinding bioskop dilapisi bahan karpet. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaan kamu.