Mengapa Budaya Satu Suku Bangsa Dapat Berbeda Dari Suku Bangsa Lain?

Sumber: bobo.id

OMTTELOLET – Seperti yang kita ketahui, bangsa Indonesia memiliki beragam suku budaya yang berbeda-beda. Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain? Terkait hal tersebut, kita akan membahasnya pada artikel kali ini.

Hal tersebut sebenarnya juga tak dapat dipisahkan dari keadaan geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Kondisi tersebut membuat para penduduknya memiliki gaya hidup, adat istiadat, dan kepercayaan yang berbeda-beda. Hal itulah yang memicu timbulnya berbagai kebudayaan yang beragam.

Penyebab Budaya Satu Suku Bangsa Dapat Berbeda dari Suku Bangsa Lain

Sekali lagi, hal tersebut terjadi akibat masing-masing suku memiliki letak geografis yang berbeda-beda. Sebagian dari mereka yang tinggal berpindah-pindah juga membawa budaya baru dari generasi sebelumnya.

Baca juga:  Usaha dan Pesawat Sederhana

Wilayah geografis Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke tentu saja sangat mempengaruhi adanya perbedaan budaya dari setiap suku tersebut. Tentu masing-masing penduduk dari suku yang ada tersebut memiliki bahasa, kesenian, dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Kekayaan budaya dan perbedaan itulah yang menyebabkan Indonesia mendapati julukan negara pluralis. Pluralitas ini berhubungan dengan keberagaman atau kemajemukan yang ada di masyarakat maupun pada sistem sosial.

Inilah sebabnya, kita sebagai warga negara Indonesia harus menghargai setiap perbedaan yang ada. Hal itu untuk menjaga keberagaman dan kekayaan tersebut.

Alasan Budaya Satu Suku Bangsa Berbeda dari Suku Lainnya

Sebelumnya, perlu kamu ketahui, budaya merupakan sesuatu yang telah menjadi kebiasaan dan sulit untuk diubah. Sebab, budaya tidak terbentuk secara instan, ia terbentuk setelah melalui proses panjang hingga melekat pada masyarakatnya.

Baca juga:  Ini Dia Fakultas dan Jurusan Telkom University yang Harus Kamu Tahu

Karena itu, budaya dapat diartikan sebagai cara hidup yang dimiliki sekelompok orang dan diwariskan secara turun-temurun. Berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia ini menyebabkan adanya keberagaman budaya.

Mengapa budaya satu suku bangsa berbeda dari suku bangsa lainnya salah satunya disebabkan karena setiap suku memiliki berbagai aspek yang berbeda.

Mulai dari adat istiadat, kepercayaan, hingga lingkungan tempat tinggalnya. Hal itulah yang menyebabkan adanya perbedaan dari setiap suku bangsa tersebut. Di antara faktor yang memengaruhi perbedaan itu adalah letak geografis, iklim, dan mobilisasi.

Nah, itulah uraian mengenai alasan mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lainnya.  Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaan kamu, ya!