Mengapa Budaya Indonesia Beraneka Ragam

Sumber: goodnewsfromindonesia

OMTELOLET – Indonesia dikenal dengan keberagaman yang tinggi. Maka tak heran apabila budaya di Indonesia pun juga beragam. Hal tersebut seringkali mengundang rasa penasaran warga asing sehingga mereka melakukan banyak penelitian terhadap keberagaman di Indonesia. Lantas, mengapa budaya Indonesia Beraneka Ragam?

Keberagaman di Indonesia tentu saja tak bisa dilepaskan dari banyaknya pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hal itu memungkinkan banyaknya suku bangsa di berbagai pulau tersebut untuk tetap eksis di tengah keberagaman tersebut. Berikut akan dijelaskan mengapa budaya Indonesia beraneka ragam.

Budaya di Indonesia Beraneka Ragam

Banyaknya penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat keberagaman budaya pun semakin kaya. Lantas, apa saja faktor yang menyebabkan berbagai budaya tersebut eksis di Indonesia.

  1. Letak Geografis

Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki ribuan pulau. Dengan wilayah yang begitu luas, tentu berpengaruh terhadap keberagaman yang dimiliki. Selain itu, keberagaman yang ada di Indonesia juga tercipta dari keberagaman suku, budaya, ras, dan golongan yang berbeda dalam masyarakat.

  1. Kondisi Iklim

Kondisi iklim dan alam di berbagai wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia memiliki perbedaan. Nah, perbedaan musim atau iklim antar-daerah tersebut kemudian mengakibatkan adanya perbedaan pula pada masyarakatnya. Seperti dalam hal berbicara dan bertahan hidup.

  1. Budaya Asing

Budaya asing yang kemudian mempengaruhi akulturasi budaya pada setiap daerah di Indonesia juga berbeda-beda. Kekuatan budaya asing yang masuk pada setiap penduduk pada wilayah tertentu itu kemudian memunculkan adanya budaya yang beraneka ragam.

  1. Agama

Seperti yang telah diketahui, Indonesia merupakan negara yang menempatkan agama pada posisi pertama pada sila ideologinya. Meski bergitu, Indonesia bukanlah negara monoteisme, melainkan memiliki perbedaan agama yang cukup beragam.

Baca juga:  Apa Itu Teks Laporan Hasil Observasi? Ini Pengertian dan Strukturnya

Namun, belum pernah muncul ketegangan yang memuncak sehingga keharmonisan antaragama masih harmonis dan dapat hidup berdampingan di Indonesia. Kebebasan beragama tersebut dijamin oleh UUD 1945. Keberagaman agama tersebut juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi adanya kebudayaan yang beragam pula.

  1. Ras

Meski terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama, akan tetapi Indonesia mengecam adanya diskriminasi antar perbedaan tersebut. Berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan.

Ras ini juga menjadi salah satu fakto yang menyebabkan adanya keberagaman di Indonesia. Nah, itulah uraian mengenai mengapa budaya Indonesia beraneka ragam beserta penyebabnya. Demikian uraian ini semoga bisa menjawab pertanyaanmu.