Mengapa Benua Afrika Disebut Benua Hitam

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Benua Afrika diklaim sebagai benua yang berpenghuni dengan populasi paling besar, yakni sekitar 16 persen populasi dunia. Hal itu bisa dilihat dari nama Afrika sendiri yang berasal dari nama suku asli yang mendiami bagian utara benua tersebut. Lantas, mengapa Benua Afrika disebut Benua Hitam?

Nama Afrika sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni Africa Terra, yang berarti tanah Afri. Dalam hal ini, Afri sendiri merupakan nama suku asli dari bagian utara Benua Afrika. Tak lain seperti benua lainnya, Afrika juga memiliki julukan. Adapun julukan tersebut adalah Benua Hitam.

Mengapa Benua Afrika Disebut Benua Hitam?

Sebenarnya, terdapat banyak faktor yang menyebabkan benua ini mendapatkan julukan sebagai Benua Hitam. Adapun beberapa faktor tersebut adalah karena mayoritas penduduk yang mendiami benua ini.

Baca juga:  Roboguru Vs Brainly, Mana yang Lebih Bagus? Begini Hasil Perbandingannya

Berdasarkan Mayoritas Penduduk Afrika Disebut Sebagai Benua Hitam

Benua Afrika mendapat julukan sebagai Benua Hitam lantaran sebagian besar penduduknya adalah keurunan Negroid yang berkulit hitam. Hal tersebut yang menyebabkan benua Afrika mendapat julukan Benua Hitam.

Sebenarnya, pihak yang menyebut benua ini sebagai Benua Hitam adalah bangsa Perancis yang dahulu pernah menjajah Afrika. Mereka menyebut Afrika sebagai Benua Hitam karena banyak suku asli yang berasal dari benua tersebut berkulit hitam.

Istilah Benua Hitam tersebut kemudian dipopulerkan oleh penjajah Inggris, yakni Henry M. Stanley dalam buku-bukunya.

Perdebatan tentang Benua Hitam

Dalam perjalanannya, banyak yang kemudian memperdebatkan julukan Benua Hitam ini. Sebagian besar mengatakan bahwa julukan tersebut dinilai sebagai hinaan dan rasis terhadap suku asli benua Afrika. Sementara yang lainnya menggap bahwa julukan tersebut tidak ada hubungannya dengan warna kulit.

Baca juga:  Cari Tahu Rata-Rata Nilai SNMPTN UNDIP

Banyak pula yang beranggapan bahwa mereka kurang pengetahuan bangsa Eropa tentang Afrika, sehingga mereka memberikan julukan tersebut.

Hal itu bisa diketahui dari fakta bahwa meskipun bangsa Afrika telah melakukan transaksi perdagangan selama berabad-abad dengan orang-orang Asia, akan tetapi bangsa Eropa baru mengenal afrika pada awal abadke-19.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu terkait mengapa Benua Afrika Disebut Benua Hitam. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaanmu terkait hal tersebut.