Mengapa Air di Bumi Tidak Pernah Habis Walaupun Digunakan Secara Terus Menerus

Sumber: Kompascom

OMTELOLET – Seperti yang kita ketahui, sebagian besar penyusun bumi ini adalah air. Air juga merupakan kebutuhan utama manusia dan makhluk hidup. Air digunakan setiap hari tanpa henti. Lantas, mengapa air di bumi tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus-menerus?

Walaupun manusia seringkali memanfaatkan air untuk mendukung berbagai aktivitasnya, mulai dari mandi, minum, memasak, dan sebagainya setiap hari, akan tetapi air tidak pernah habis. Bagi tumbuhan dan hewan, air digunakan untuk membersihkan tubuh, minum, bahkan sebagai tempat tinggal.

Namun, mengapa air di bimi tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus?

Alasan Air di Bumi Tidak Pernah Habis

Seperti yang kita ketahui, air merupakan sumber energi yang tidak akan pernah habis atau biasa disebut energi yang bisa diperbaharui. Setidaknya dua hal berikutlah yang melatarbelakangi air tidak pernah habis.

  1. Air adalah Energi yang Bisa Diperbarui

Dalam praktiknya, air merupakan salah satu sumber energi yang digunakan setiap hari dan terus menerus oleh seluruh makhluk hidup di dunia. Namun, mengapa air tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus?

Baca juga:  Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim

Jawaban yang pertama adalah karena air merupakan sumber energi yang bisa diperbaharui atau energi terbarukan. Jumlah air pun tak terbatas.

  1. Daur Air

Alasan kedua mengapa air tidak pernah habis adalah karena adanya daur air. Siklus air atau daur air ini sendiri adalah perputaran air dari bumi ke atmosfer yang berlangsung secara terus menerus, melewati sejumlah tahapan.

Beberapa manfaat daur air adalah menjaga ketersediaan air di bumi, mengatur suhu lingkungan, menciptakan hujan, serta menjaga keseimbangan ekosistem. Daur ini tidak terjadi secara instan melainkan melalui serangkaian proses yang tidak pernah berhenti.

Apabila daur air ini tidak terjadi, barangkali ekosistem di bumi ini tidak akan berfungsi lagi. Dengan begitu, kehidupan di bumi tidak dapat dipertahankan. Sebab, air merupakan entitas yang sangat dibutuhkan keberadaannya dalam ekosistem.

Baca juga:  Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Jadi, jika disimpulkan, maka ada dua penyebab air tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebab air adalah energi terbarukan
  • Air pun tidak pernah habis karena adanya daur air

Demikian uraian mengenai alasan mengapa air di bumi tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus-menerus. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaan kamu.