Mempelajari Apa itu Politik? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Politik
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Politik? sebagian dari kita jelas sangat familiar sekali dengan kata ‘politik’, baik saat sedang membaca berita pun juga menonton televisi. Bisa dibilang politik sudah hampir menjadi topik pembahasan utama di berbagai headline yang ada di media pemberitaan.

Rasa-rasanya, topik yang menyangkut Politik hampir selalu ada dan tidak pernah ada habisnya dalam kehidupan setiap harinya. Hal itu bisa dipahami, mengingat kita hidup di negara sebesar Indonesia dengan segala tatanan hukum, birokrasi serta adminsitrasi yang begitu kompleks.

Bisa dibilang, konsep Politik ada dalam setiap bidang kehidupan manusia, mulai dari lingkungan tempat tinggal bahkan hingga lingkugan pendidikan. Maka, kita sebagai warga negara yang sewajarnya peduli dan mengikuti perkembangan kondisi negara, juga perlu memahami apa yang dimaksud Politik.

Baca juga:  Apa Itu Teks Eksplanasi, Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Pengertian ‘Apa itu Politik?’

Politik dapat dipahami sebagai segala kebijakan yang dipilih dan berkaitan dengan urusan negara. Politik bisa melahirkan kebijakan multi skala, mulai dari tingkat daerah, nasional bahkan hingga Internasional. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), politik merupakan ilmu tentang tata negara dalam bentuk sistem pemerintahan dan juga dasar pemerintahan.

Oleh sebab itu, Politik bisa dipandang sebagai suatu cara yang diambil oleh seseorang yang memiliki tujuan terhadap hajat hidup banyak orang. Keputusan Politik lahir atas dasar kesepakatan bersama, namun tidak semua pihak dapat menerima suatu kebijakan politik yang telah ditetapkan.

Apa itu Politik
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Politik

  • Politik Klasik, jenis politik yang satu ini diterapkan dengan tujuan agar semua pihak termasuk rakyat bisa sama-sama mendapatkan kebaikan. Politik Klasik dalam penerapannya masih dianggap memiliki nila moral yang paling tinggi.
  • Politik Kelembagaan, jenis politik yang satu ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan kelembagaan negara. Politik Kelembagana memiliki perspektif negara dari sudut pandang yuridis formal karena memiliki hak monopoli kekuasaan fisik yang paling utama.
  • Politik Kekuasaan, jenis politik ini bertujuan untuk mempertahankan suatu kekuasaan dan kekuatan dari pihak yang menentang kekuasaan pemerintah.
  • Politik Fungsionalisme, merupakan alokasi dari berbagai nilai-nilai secara otoritatif dengan dasar kewenangan yang mengikat rakyat.
  • Politik Konflik, diterapkan dengan tujuan untuk pengaruh terhadap perumusan kebijakan umum agar bisa mempertahankan suatu nilai.
Baca juga:  Proses Pembuatan Batu Bata dari Tanah Liat

Contoh Kegiatan Politik

  • Pesta Pemilihan Umum Presiden yang dilaksanakan 5 tahun sekali.
  • Ajang pemilihan wakil rakyat dan juga kepala daerah.
  • Aksi demonstrasi yang menyuarakan aspirasinya secara sopan dan tertib.

 

sumber referensi : https://www.gramedia.com/literasi/politik-adalah/