Mempelajari Apa Itu Kapitalisme? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Kapitalisme
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Tahukah kamu apa itu Kapitalisme? kamu pasti sudah sangat familiar dengan kata Kapitalisme saat membaca berita sosial dan ekonomi. Khususnya mahasiswa jurusan Ekonomi, pasti sudah sangat familiar dengan apa yang disebut sebagai Kapitalisme.

Tatanan Ekonomi memiliki peranan kunci dalam upaya membangun kemajuan dan kesejahteraan suatu negara. Setiap negara tentu menerapkan suatu tatanan ekonomi yang dipandang sebagai yang terbaik untuk menjaga stabilitas negara dalam konteks yang menyeluruh.

Namun ternyata ada banyak sekali tatanan ataupun sistem ekonomi yang pernah ada sejak abad ke-18 hingga abad ke 21 saat ini. Masing-masing sistem ekonomi memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri, namun yang akan menjadi topik pembahasan kali ini adalah Kapitalisme.  Apa itu Kapitalisme?

Baca juga:  Inilah 7 Universitas dengan Jurusan Biologi Terbaik Menurut BAN PT

Pengertian ‘Apa itu Kapitalisme?’

Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan pada semua orang agar bisa melakukan kegiatan ekonomi dan meraih keuntungan. Setiap individu dalam sudut pandang Kapitalisme memiliki hak penuh dalam memperoleh manfaat keuntungan dari hartanya sebagai alat produksi.

Sistem kapitalisme menekankan kebebasan setiap individu dalam mengelola dan mengolah setiap asetnya agar bisa terus meraih keuntungan. Sedangkan posisi negara dalam hal ini hanya sebagai pengawas yang memastikan agar kegiatan ekonomi berlangsung lancar. Artinya, negara tidak bisa melakukan intervensi apapun yang sifatntya bisa mencampuri setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap individu.

Apa itu Kapitalisme

Jenis-Jenis Kapitalisme

Kapitalisme dapat dibagi berdasarkan proses dan peranannya dalam memacu pertumbuhan Ekonomi.

  • Kapitalisme Binaan Negara, merupakan sistem bermula dari Observasi pemerintah tentang sektor mana yang berpotensial untuk meraup keuntungan ekonomi. Sistem ini mendorong para pelakunya agar turut serta dalam mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi negara sesuai roadmap yang dicanangkan.
  • Kapitalisme Oligarki, merupakan sistem kapitalisme yang memiliki orientasi terhadap perlindungan dan juga pemeliharaan terhadap sebagian pegiatnya. Sistem kapitalisme yang satu ini dijalankan dan dikelola hanya oleh segelintir orang saja untuk bisa meraih keuntungan ekonomi.
  • Kapitalisme Perusahaan Besar, sistem ini dijalankan dengan cara melakukan produksi massal secara masif untuk bisa meraih keuntungan ekonomi berskala besar.
  • Kapitalisme Kewirausahaan, sistem ini bekerja dengan cara memproduksi barang, umumnya dilakukan oleh individu ataupun perusahaan rintisan. Namun, dalam proses pemasarannya dilakukan melalui jasa perusahaan besar beserta ketentuan yang telah disepakati.
Baca juga:  Rumus Cepat Menghitung Keliling Persegi Panjang dan Contoh Soal, Cek Sekarang!

Contoh Kapitalisme

  • Perusahaan Yamaha memproduksi Sepeda Motor dalam jumlah banyak.
  • Perusahaan Volkswagen memproduksi Mobil dalam jumlah banyak.

 

Sumber referensi : https://cerdasco.com/jenis-jenis-kapitalisme/