Mempelajari Apa itu Insomnia, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Insomnia
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Kamu seringkali merasa kesulitan untuk terlelap tidur pada malam hari, padahal kamu merasa itu waktu yang tepat untuk tidur. Itulah pentingnya bagimu untuk mempelajari apa itu Insomnia, serta pengertian, jenis dan contohnya.

Jelas sekali, sudah berusaha memejamkan mata agar bisa terlelap tidur pada malam hari namun berakhir dengan kegagalan merupakan hal yang menyulitkan. Kamu merasakan badanmu yang lelah namun fikiranmu masih terus mengembara sepanjang kegiatan yang sudah kamu lakukan seharian.

Kamu pun mulai terbayang-bayang dirimu yang akan kembali beraktifitas dengan kondisi mata memerah dan juga lelah keesokan harinya. Pastinya, kamu tidak ingin sampai hal seperti itu terjadi, kamu akan semakin memacu diri agar bisa segera terlelap tidur secepat mungkin.

Baca juga:  Pentingnya Memahami Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jadi, untuk itulah kamu perlu memahami apa itu Insomnia? sebagaimana yang akan diulas dalam pembahasan artikel berikut ini.

Pengertian ‘Apa itu Insomnia?’

Insomnia merupakan gangguan kesehatan mengakibatkan seseorang menjadi kesulitan untuk terlelap tidur saat malam hari. Ada banyak sekali gangguan-gangguan yang menghalangi penderita Insomnia untuk terlelap tidur, salah satunya yakni fikiran yang terus mengembara.

Insomnia juga dapat dipahami sebagai suatu gangguan dimana seseorang tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas, tidak nyenyak. Bahkan, gangguan seperti itu tidak hanya terjadi saat tidur di malam hari, namun juga bisa terjadi saat tidur siang.

Nah, fakta menarik lainnya adalah, hasil riset yang dilakukan oleh National Institute of Health menunjukkan bahwa 30% dari seluruh populasi manusia memiliki gangguan Insomnia. Mayoritas dari 30% total populasi penderita Insomnia adalah perempuan, itu bisa dipahami karena faktor perubahan hormon pada wanita.

Baca juga:  5 Cara Agar Disiplin yang Bisa Diterapan dalam Keseharian
Apa itu Insomnia
sumber gambar : unsplash.com

Jenis Insomnia

  • Insomnia Akut, gangguan tidur yang terjadi dalam jangka waktu pendek saja.
  • Insomnia Kronis, gangguan tidur yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.
  • Insomnia Sleep Onset, gangguan tidur yang terus terjadi meskipun sang penderita sudah merasakan kantuk.
  • Insomnia Anak-anak, gangguan tidur akibat anak terbiasa mendapatkan perlakuan khusus dari orang tuanya. lalu kemudian tidur tanpa mendapatkan perlakuan khusus. Seperti diberikan minum susu, atau sambil digendong.
  • Insomnia Obat, gangguan tidur ini diakibakan oleh efek stimulant yang menghambat kantuk.
  • Insomnia Medis, susah tidur karena faktor medis seperti depresi atau¬† gangguan bipolar.
  • Insomnia Campuran, gangguan susah tidur yang didasarkan pada kombinasi penyebab dari beberapa jenis Insomnia lainnya.
Baca juga:  Diam-diam Naksir Sejak Awal Bertemu, Intip Kisah Romansa Sheila Marcia dan Dimas Akira

Contoh Insomnia

Contoh Insomnia adalah Insomnia Anak-anak, ketika anak terbiasa hendak tidur dengan diberikan minum Susu dan diceritakan dongeng anak. Ketika kemudian anak hendak tidur tanpa perlakuan yang biasa diberikannya tersebut, maka anak tersebut akan mengalami susah tidur.

 

sumber gambar : https://www.gramedia.com/literasi/insomnia/