Mempelajari Apa itu Apatis? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Apatis
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Apatis? sebuah kalimat yang sering kamu dengar istlah tersebut saat sedang membaca berita ataupun membaca selebaran pamflet. Umumnya, kamu sering menjumpai istilah kata Apatis dalam slogan kampanye pemilihan umum.

Tapi, apakah benar bahwa Apatis hanyalah istilah yang hanya dipahami dan digunakan dalam dunia sosial? tentu tidak. Pemaknaan ‘apa itu Apatis?’ tidak hanya berkaitan dengan dunia sosial saja, hal itu bisa memiliki pemaknaan yang jauh lebih luas.

Sebagai manusia yang hidup di era kemajuan dunia yang semakin, tentu kita juga perlu memahami apa itu Apatis. Tak hanya sekedar pengertiannya, namun juga apa saja jenis-jenisnya dan bagaimana saja contohnya.

Baca juga:  Memahami Proses Daur Hidup Kupu-kupu

Artikel ini akan membahas tentang pengertian Apatis dengan segala jenis dan juga contohnya agar bisa menambah wawasanmu.

Apa itu Apatis
sumber gambar : unsplash.com

Pengertian ‘Apa itu Apatis?’

Apatis adalah kecenderungan seseorang yang memiliki sikap tidak peduli ataupun tidak tertarik dalam hal apapun. Bahkan, pada hal-hal yang secara umum sangatlah menarik bagi orang lain, tapi seseorang yang memiliki sikap apatis tidak akan tertarik.

Sikap Apatis bisa saja dimiliki oleh orang-orang disekitar kita, umumnya para anak yang memasuki usia remaja ataupun lanjut usia. Bahkan, bila melihat berbagal hal yang menyimpang ataupun hal yang berbahaya, seseorang yang memiliki sikap apatis juga cenderung tidak mengambil tindakan.

Pembahasan tentang masalah sikap Apatis tidak sebatas tentang bidang sosial, namun juga bisa meluas pada bidang Psikologi dan juga Kesehatan. Sehingga, perihal Apatis tidak sekedar sikap yang hanya dipahami keberadaannya, namun juga bisa diambil tindakan untuk mencegah agar mendapat penanganan.

Baca juga:  Inilah Informasi Lengkap tentang Planet Jupiter yang Jadi Terbesar di Tata Surya

Jenis-Jenis Apatis

  • Apatis Eksekutif, orang yang memiliki sikap apatis eksekutif ini cenderung pasif dan tidak bisa membuat perencanaan dalam hidupnya. Apatis eksekutif pada dasarnya juga kekurangan motivasi untuk mengorganisir berbagai perencanaan dan target pencapaian dalam hidupnya.
  • Apatis Emosional, ditandai dengan kurangnya minat serta perhatian terhadap hal yang terjadi disekitarnya. Sehingga, menjadi tidak peka dan kurang memiliki inisiatif untuk meresponnya dengan tindakan yang semestinya dilakukan.
  • Apatis Inisiasi, dapat dikenali dari kurangnya inisatif untuk berfikir ataupun memikirkan hal pada dunia sekitarnya. Bila sedang menghadapi suatu masalah, seseorang yang memiliki sikap apatis inisiasi akan cenderung tidak peduli untuk berfikir bagaimana cara mengatasi masalahnya.
Baca juga:  Memahami Apa Arti Kalimat Thayyibah

Contoh Apatis

  • Coki tidak bisa bekerjasama dengan Ali dan Mia dalam tugas kerja kelompok sekolahnya.
  • Miki mengabaikan Riki yang terjatuh saat sedang berkendara didepan rumahnya.
  • Riko tidak tahu saat ditanya Mira tentang rencananya setelah lulus SMA.

 

sumber referensi : https://dosensosiologi.com/pengertian-apatis/