Membahas Tuntas Gambar Tali Busur Lingkaran dan Rumusnya

Gambar tali busur adalah salah satu unsur dalam suatu lingkaran, ada beberapa unsur yang terdapat pada suatu lingkaran. Tapi, dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai gambar tali busur, termasuk sifat-sifat yang berlaku pada sebuah tali busur.

Secara fungsional, sebuah tali busur dapat berguna untuk menggabungkan dua buah titik dalam sebuah lingkaran berdasarkan kelilingnya. Perlu diketahui, suatu tali busur dengan ukuran terpanjang dapat disebut sebagai diameter dari suatu lingkaran. Sedangkan, jarak yang berbentuk tegak lurus dari diameter lingkaran menuju titik pusatnya adalah nol.

Maka, tali busur dapat dipahami sebagai ruas garis dalam suatu lingkaran yang dapat menghubungkan kedua titik yang berada pada suatu lingkaran. Suatu tali busur bisa saja berbentuk dengan saling berpotongan dalam lingkaran, ada juga yang berada pada lingkaran, serta ada juga tali busur yang berpotongan diluar garis lingkaran.

Baca juga:  Mempelajari Kelipatan Persekutuan itu Mudah kok!

Sifat Tali Busur Lingkaran

Talir busur lingkaran memiliki beberapa keunikan sifat, sebagaimana berikut ini ;

  • Garis tegak lurus pada suatu lingkaran bisa ditarik dari titik pusatnya, hingga membelah bagian busurnya menjadi dua bagian.
  • Bila dua buah tali busur yang ada memiliki jarak yang sama dari titik pusat lingkaran, maka bisa dipastikan bahwa panjang garisnya pun juga akan sama.
  • Sebuah tali busur yang ada pada suatu lingkaran, sudah pasti akan dapat membelah garis lingkaran menjadi dua buah bagian.
  • Bila jarak suatu tegak lurus tali busur terhadap titik pusat lingkaran semakin dekat, maka akan semakin panjang pula tali busur pada suatu lingkaran.
  • Keberadaan dua jari-jari berguna untuk menghubungkan dua ujung tali busur menuju titik pusat lingkaran dengan membentuk garis segitiga sama kaki.
Baca juga:  Kupas Tuntas Kesamaan Matriks, Mudah!

Cara Menghitung Panjang Tali Busur Lingkaran Melalui Jarak Tegak Lurus

Cara menghitung panjang tali busur lingkaran dapat diketahui melaui jarak tegak lurusnya, rumusnya dengan menggunakan teorema phytagoras.

sumber gambar : kompas.com

Pada gambar lingkaran tersebut, dapat kita pahami bahwa jarak dari tali busur lingkaran dan pusat dari setengah tali busurnya telah membentuk segitiga sama kaki. Selain itu, jari-jari dalam lingkaran membentuk garis miring segitiga.

Maka ;

merupakan panjang dari setengah tali busur

Panjang ½ tali busur adalah  –

Jadi, panjang tali busur adalah 2 x ( –

r merupakan jari-jari dari lingkaran tersebut, sedangkan d merupakan jarak tegak lurus tali busur dan juga titik pusat lingkaran. Maka dengan demikian, rumus untuk mencari panjang tali busur bila telah diketahui jaraj tegak lurus dari titik pusat lingkarannya adalah :

Baca juga:  Kumpulan Rumus Mencari Tinggi Segitiga

2 x ( –

Cara Menghitung Panjang Tali Busur Melalui Jari-jari dan Sudut

sumber gambar : kompas.com

Cara menghitung panjang tali busur lingkaran dapat diketahui juga melalui jari-jari beserta sudutnya dengan menggunakan rumus sinus perbandingan trigonometri.

Hal yang harus dipahami ;

  • Sin = (ᶿ/2) merupakan sisi miring dan sisi depan
  • Sin = (ᶿ/2) merupakan ½ dari total panjang tali busur (r)
  • Panjang dari setengah tali busur = r Sin (ᶿ/2)

Maka, dengan demikian, rumus menghitung panjang tali busur melalui jari-jari dan sudut adalah = 2r sin (ᶿ/2)

Jadi, begitulah ulasan mengenai gambar tali busur pada artikel ini, kita telah membahas tali busur melalui pengertiannya, sifat, serta dua rumus yang harus digunakan dalam menghitung panjang tali busur pada sebuah lingkaran.

 

Sumber referensi :

https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/18/161348169/tali-busur-lingkaran-pengertian-sifat-dan-rumusnya