Membahas Bagaimana Cara Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Sumber foto dari id.wikipedia.org

Sebagai generasi penerus bangsa, kita memiliki peran yang begitu penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Terlebih lagi di era globalisasi yang menciptakan begitu banyak perubahan di berbagai aspek, baik itu kemajuan teknologi, ekonomi, politik maupun budaya.

Di tengah gempuran era globalisasi, Indonesia dengan berbagai keragaman di dalamnya, seperti ras, suku, budaya, agama dan bahasa, mendapatkan tantangan tersendiri dalam menjaga keutuhan negeri. Diperlukan kerja sama semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat, agar tercipta kehidupan yang harmonis. Oleh sebab itu, mari kita cari tahu bagaimana cara untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bagaimana Cara Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa?

Kita bisa turut berkontribusi dalam menjaga kesatuan bangsa dengan berbagai cara, salah satu contohnya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Bagaimana Cara Petani Sayur Memanfaatkan Lingkungan Hidup?

1.Bersikap Toleransi

Hal paling utama menghadapi berbagai keragaman yang ada di Indonesia agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga adalah dengan melanggengkan sikap toleransi, saling menghargai, dan menghormati segala perbedaan.
Keragaman dalam kehidupan bermasyarakat akan terus ditemukan bahkan dalam hal sekecil apapun, misalnya sekecil perbedaan selera makanan dalam berteman, ada yang suka lombok ada yang suka kecap, berbeda preferensi berpakaian, dan lain sebagainya. Ketika hal sekecil itu tidak bisa disikapi dengan saling toleransi, menghargai dan menghormati, maka perpecahan dan konflik akan terus bermunculan.

2.Memiliki Sikap Rendah Hati

Lawan rendah hati adalah sombong. Sikap ini tentu tak disenangi banyak orang. Merasa diri paling benar dan menganggap diri memiliki derajat lebih tinggi dapat menimbulkan konflik dalam kehidupan sosial. Oleh sebab itu, sikap rendah hati diperlukan dalam bermasyarakat. Rendah hati berarti tidak menganggap orang lain lebih rendah, tidak sombong dan angkuh, serta menunjukkan sikap menghargai orang lain. Sikap ini menjadi salah satu cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga:  Lulusan Teknik Geomatika Kerja Apa? Berikut Info Lengkapnya

3.Mengamalkan Nilai Pancasila dalam Kehidupan

Pancasila sebagai dasar negara seyogyanya menjadi pedoman dan acuan dalam berbangsa dan bernegara. Lima sila yang ada dalam Pancasila jika diaplikasikan dan diamalkan dengan baik tentu akan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Misalnya dalam sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, setiap orang memiliki hak untuk memilih kepercayaan yang akan dianut, dan orang lain tidak memiliki hak untuk mengintervensi.

4.Memiliki Kesadaran untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Hal yang tak kalah penting adalah keinginan dan kemauan kita untuk turut menjaga harmonisasi kehidupan ini. Tanpa kesadaran, tentu hal tersebut tidak akan terwujud.

Itulah beberapa cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita perlu untuk saling menghormati pilihan dan tidak terpecah belah karena perbedaan. Mari bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.