Membahas Bagaimana Cara Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sumber foto: commons.wikimedia.org

Pancasila memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini membuat Pancasila menempati kedudukan tertinggi dan menjadi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Dengan kata lain, pancasila menjadi sumber hukum dasar nasional pada tata hukum atau ukuran dalam menilai hukum yang berlaku di Indonesia. Jadi, semua peraturan yang dibuat di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara seyogyanya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia. Perihal mempertahankan Pancasila, Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan karena tingginya tensi ideologi dan penetrasi budaya dan hegemoni bangsa lain.

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kedudukan Pancasila di Indonesia yang kita tahu yaitu sebagai dasar negara, namun istilah yang digunakan oleh para pendiri negeri dahulu adalah falsafah atau ideologi negara. Ideologi ini menjadi salah satu syarat mutlak dalam pembangunan sebuah negara modern. Hal ini karena dalam ideologi terkandung pedoman sistem kehidupan negara modern sebagai negara hukum dan bukan negara kekuasaan.

Baca juga:  Inilah Daftar Jurusan Sepi Peminat di Unhas 2022 yang Dijamin Bikin Peluang Lolos Besar

Pancasila sebagai ideologi menjadi sebuah sistem nilai yang layak digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara Indonesia. Berdasarkan kedudukan tersebut, maka segala hal yang dilakukan oleh setiap elemen di Indonesia harus sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

Bagaimana Cara Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara?

Sebagai dasar negara, Pancasila dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Pancasila mampu mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai warga negara, kita harus mempertahankan Pancasila sebagai acuan dalam berlaku. Banyak cara untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, salah satu contohnya sebagai berikut ini:

1.Mempelajari dan memahami makna yang ada di setiap sila Pancasila. Bukan hanya bunyi setiap silanya yang memiliki makna, namun masing-masing lambang juga memiliki makna tersendiri. Dalam hal ini, pemerintah dapat mengambil andil besar dengan memasukkan pelajaran Pancasila ke dalam kurikulum di sekolah. Hal ini dilakukan agar generasi pembangun bangsa selanjutnya tetap mencintai dan memahami Pancasila sebagai ideologi negara.

Baca juga:  Rumus Setengah Lingkaran dan Contoh Soal

2.Mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sila pertama sampai kelima. Hal ini dilakukan agar Pancasila di masyarakat tetap terjaga dan tidak tergerus oleh zaman.

3.Melakukan penegakan hukum jika terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan Pancasila.

4.Menggunakan pendekatan budaya untuk meningkatkan eksistensi Pancasila di berbagai kalangan, misalnya dengan membuat pos-pos budaya.

5.Tidak mengganti, mengubah dan menghapus Pancasila sebagai dasar negara.

Itulah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga Pancasila sebagai dasar negara. Semua elemen dalam negeri, baik pemerintah maupun masyarakat umum perlu bekerja sama dan ambil bagian di dalamnya.

Sumber:

https://kalsel.inews.id/berita/makna-pancasila-sebagai-dasar-negara-pengertian-dan-kedudukannya

www.gramedia.com/makna-pancasila-sebagai-ideologi-negara