Memahami Apa itu Toleransi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Toleransi
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Toleransi? sebagian besar dari kamu pun pasti sudah sangat sering mendengar istilah Toleransi di berbagai media. Baik didalam Slogan, maupun seorang tokoh masyarakat yang membicarakan tentang Toleransi yang harus dijaga dalam kehidupan sehari-hari.

Seakan-akan Toleransi merupakan hal yang sangatlah penting untuk dimiliki dan dijaga oleh setiap warga negara di Indonesia. Tapi, kenyataannya memang benar begitu, kita hidup ditengah negara yang terdiri dari berbagai suku dan budaya yang beragam, hingga, Toleransi menjadi sangat penting.

Bila kamu masih belum memahami apa itu Toleransi? dan seperti apa arti pentingnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kamu bisa membaca ulasan dari artikel ini untuk mengetahui pentingnya memahami apa itu toleransi beserta pengertian, jenis dan contohnya.

Baca juga:  Masih Aktif Bintangi Film Aksi, Intip Tips Rahasia Awet Muda Tom Cruise di Usia 59 Tahun

Pengertian ‘Apa itu Toleransi?’

Toleransi adalah sikap yang saling menghargai dan menghormati segala perbedaan latar belakang manusa, baik secara individu maupun secara kelompok. Setiap manusia wajib menanamkan dan menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk manusia yang hidup dalam keberagaman latar belakang.

Bila ditelisik secara Etimologi, Toleransi berasal dari bahasa Latin, yakni Tolerare yang dapat dipahami sebagai suatu sikap yang bersabar untuk menahan diri. Sedangkan bila ditinjau secara terminologi, Toleransi merupakan sikap menghargai dan menghormati terhadap segala perbedaan yang ada, termasuk perbedaan pendapat dan kepercayaan dengan orang lain.

Apa itu Toleransi
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Toleransi

Berikut ini adalah berbagai jenis Toleransi yang dapat kamu pelajari.

  • Toleransi Pemikiran, merupakan menghargai dan menghormati yang dimiliki seseorang terhadap orang lain yang memiliki pemikiran yang berbeda.
  • Toleransi Rasial. merupakan sikap menghormati dan menghargai terhadap orang-orang yang memiliki latar belakang etnis dan berbeda.
  • Toleransi Beragama, sikap dimana masyarakat hidup berdampingan secara rukun dan saling menghormati dengan berbagai perbedaan Agama yang ada didalamnya.
  • Toleransi Sosial, merupakan sikap dan pemahaman dimana setiap orang memiliki kesempatan dan kedudukan yang sama untuk berkontribusi kemajuan lingkugannya.
  • Toleransi Seksual, merupakan dimana setiap orang baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak dan kedudukan yang sama dalam kehidupan sehari-hari.
  • Toleransi Politik, setiap orang saling menghormati dan menghargai perbedaan pilihan dan sikap dalam berpolitik.
  • Toleransi Budaya, setiap orang saling menghormati dan menghargai setiap kebudayaan yang ada.
Baca juga:  Tak Disangka, Ada Banyak Sekali Manfaat Madu untuk Wajah

Contoh Sikap Toleransi

Wayan berasal dari Bali, dan memiliki rekan kerja bernama Ahmad yang sama-sama bekerja di Kios Bunga. Wayan memiliki sikap toleransi beragama dengan selalu mempersilahkan Ahmad untuk sholat bila waktunya sudah tiba. Ahmad pun juga menunjukkan sikap toleransinya dengan mempersilahkan Wayan bila waktunnya untuk beribadah.

 

sumber referensi : https://www.bola.com/ragam/read/4966953/jenis-jenis-toleransi-beserta-penjelasannya-yang-perlu-dipahami