Memahami Apa Itu Geografis, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu Geografis
sumber gambar : unsplash.com

OMTEOLET – Apa itu Geografis? sebuah kata yang sangat sering kamu dengar khususnya saat sedang membaca berita tentang perkiraan cuaca.  Tapi, barangkali diantara kamu masih belum bisa secara spesifik memahami apa itu Geografis, beserta pengertian, jenis dan contohnya.

Agar bisa memahami tentang apa itu Geografis, kamu harus bisa terlebih dahulu untuk memahami apa yang dimaksud dengan Geografi. Ya, Geografi merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang lingkungan serta segala bentuk fenomena alam yang terjadi didalamnya.

Ruang lingkup ilmu Geografi meliputi banyak cabang, yakni mulai dari penduduk, flora, fauna beserta iklim yang ada di Bumi. Nah, bila sudah demikian, pertanyaannya adalah, apa yang dimaksud dengan Geografis? apakah sama atau berbeda? simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:  Review Lengkap English Academy Center Denpasar-Mahendradatta

Pengertian ‘Apa itu Geografis?’

Geografis dapat dipahami sebagai letak suatu wilayah bila dilihat dari posisi sebenarnya di Bumi. Disamping itu, letak Geografis juga terklasifikasi menjadi 4 bagian, yakni bagian Astronomis, bagian Geologis, bagian Fisiografis dan juga bagian Sosial Budaya.

Pada umumnya, letak Geografis berbatasan dengan berbagai objek geografis yang ada seluruh permukaan Bumi. adapun berbagai objek geografis yang pada umumnya sering berbatasan dengan laut, benua, gunung, gurun atau juga bahkan sungai.

Sedangkan untuk negara Indonesia sendiri, Posisi Geografisnya memiliki karakteristik tersendiri. Yakni, terdiri atas letak geografis dan geologis yang mana masing-masingnya memiliki pengertian dan pandangannya masing-masing.

Apa itu Geografis
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Geografis

  • Letak Astronomis, dapat dipahami sebagai letak suatu wilayah yan dapat diketahui berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang sendiri merupakan garis imaniner yang membentang secara horizon hingga melingkari seluruh Sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang melintang secara vertikal hingga mengitari seluruh Bumi.
  • Letak Geologis, merupakan suatu wilayah yang dapat diketahui berdasarkan struktur dan juga komposisi batu batuan yang ada disekitarnya.
  • Letak Fisiografis, merupakan letak suatu daerah yang dapat diketahui berdasarkan bentuk fisik dari daerah tersebut. Letak fisiografis meliputi dari garis lintang, garis bujur, posisinya dengan wilayah lain serta jenis bebatuan yang ada didalamnya.
Baca juga:  Pembahasan Seputar Peta Konsep Gelombang Bunyi

Contoh Geografis

contoh geografis ;

negara Indonesia yang berbentuk kepulauan berada diantara dua benua besar, yakni benua Asia dan juga benua Australia. Selain itu, negara kepualauan Indonesia juga berada diantara dua samudera besar, yakni samudera hindia dan samudera pasifik.

Jadi, seperti itulah contoh dari letak geografis suatu negara.

 

Sumber referensi : https://jatim.bps.go.id/subject/153/geografi.html