Mau Pilih IPA, IPS, atau Bahasa Ya? Coba Tes Kecocokan Jurusan SMA!

Gambar dari https://rencanamu.id

Saat memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA), umumnya, kamu akan dihadapkan pada 2 pilihan yakni masuk jurusan IPA atau IPS dan di beberapa sekolah ada tambahan jurusan bahasa. Menentukan jurusan ini tidak boleh dianggap remeh dan asal-asalan sebab menjadi langkah awal kamu meraih impian. 

Saat masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kamu akan banyak mempelajari ilmu eksakta yaitu ilmu yang berkaitan dengan hal-hal konkret dan dapat dibuktikan dengan percobaan dan penelitian. Mata pelajaran wajib yang ada di jurusan ini adalah biologi, fisika, kimia dan matematika. Anak IPA perlu melatih kemampuan logika dan hitungan sebab menjadi dasar dari mata pelajaran yang dipelajari.

Adapun saat masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), kamu akan banyak mempelajari ilmu sosial yang berkaitan dengan hubungan antar manusia dan hubungan manusia dengan lingkungan. Terdapat empat disiplin ilmu utama yang akan dipelajari pada jurusan ini, yaitu sejarah, ekonomi, sosiologi dan geografi. 

Baca juga:  Hasil Review Ruangbelajar Ruangguru, Bisa Memacu Minat Belajar Anak

Jika kamu masih bingung mau mengambil jurusan apa, kamu bisa mencoba menjawab tes kecocokan jurusan SMA berdasarkan berbagai indikator. Ini termasuk:

Tes Kecocokan Jurusan SMA

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menilai kecocokan jurusan SMA yang akan kamu pilih:

1.Passion

Indikator untuk menentukan kecocokan jurusan SMA yang akan kamu ambil adalah minat dan bakatmu. Kamu bisa mengevaluasi seberapa kuat kamu di pelajaran IPA dan IPS saat di bangku SD dan SMP. 

Jika kamu merasa menyukai hitungan dan ilmu eksakta, maka memilih jurusan IPA adalah jalan terbaik. Sebaliknya, jika kamu menyukai mempelajari hubungan manusia dan kemasyarakatan, kamu bisa memilih jurusan IPS untuk mendalami minat dan bakat yang kamu miliki. 

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Buku Kedokteran Tahun 2023? Dapatkan Disini!

2.Personality

Mengukur kecocokan jurusan SMA juga dapat dilakukan dengan melihat personality atau kepribadianmu. Misalnya jika kamu adalah orang yang teliti dan menyukai perhitungan rumit, kamu sebaiknya memilih jurusan IPA. Namun jika jiwa sosial kamu dominan dan kamu menyukai berhubungan langsung dengan masyarakat, maka jurusan IPS bisa menjadi pilihan tepat. 

3.Cita-cita 

Saat memilih jurusan SMA, kamu juga perlu menyesuaikan dengan cita-cita yang kamu inginkan. Misalnya jika kamu ingin menjadi perawat, dokter, dan apoteker, artinya jurusan IPA menjadi pilihan tepat. Namun, jika kamu ingin menjadi pengacara atau akuntan, kamu bisa memilih jurusan IPS agar bisa lebih mendalami ilmu tersebut. 

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi indikator tes kecocokan jurusan SMA. Namun, pada akhirnya, semua tergantung pada diri kamu sendiri. Pertimbangkan baik-baik tentang jurusan apa yang ingin kamu ambil.