Materi tentang Kerajinan Serat, Prakarya Kelas VII

Sumber: sindunesia

OMTELOLET – Materi tentang kerajinan serat dipelajari dalam Mata Pelajaran Prakarya kelas VII SMP. Materi ini sangat penting dipelajari mengingat banyaknya kerajinan Indonesia yang berasal dari bahan serat ini. Dengan begitu, kita bisa terus mengembangkan kerajinan tersebut dengan lebih kreatif dan inovatif.

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Berbagai kekayaan alam tersebut dapat dimanfaatkan manusia, salah satunya untuk membuat kerajinan. Salah satu contoh kerajinan dari kekayaan alam Indonesia itu adalah kerajinan serat.

Macam-Macam Serat yang Ada di Indonesia

Bahan serat yang berasal dari alam memiliki jenis yang berbeda-beda dengan beragam karakteristik. Bahan serat alam yang dimaksud ini adalah bahan organic yang tidak diolah kembali melalui proses kimiawi. Adapun macam-macam serat alami itu adalah sebagai berikut.

  1. Serat dari Tumbuhan
Baca juga:  Intip Jurusan Aktuaria yang Lulusannya Paling Banyak Dicari, Benarkah Cocok yang Suka Matematika?

Serat alam yang berasal dari tumbuhan sendiri dibedakan lagi berdasarkan bagian-bagian tumbuhan. Setidaknya, serat dari tumbuhan ini bisa diklasifikasikan ke dalam empat bentuk.

  • Serat Biji, tentu saja tidak semua jenis biji bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Di antara biji tumbuhan yang bisa diolah sebagai bahan serat adalah biji pohon kapan dan kapuk.
  • Serat Batang, hanya struktur batang tumbuhan tertentu yang dapat digunakan untuk bahan kerajinan. Misalnya adalah batang pohon anggrek, melinjo, mahkota dewa, beringin, dan sebagainya.
  • Serat Daun, adapun daun tumbuhan yang bisa digunakan untuk bahan serat adalah mendong, daun nanas, pandan berduri, enceng gondok, dan sebagainya.
  • Serat Buah, buah yang bisa diolah sebagai bahan serat adalah buah kelapa.
  1. Serat dari Hewan
Baca juga:  Ini Dia Daftar Bootcamp di Skill Academy Camp

Serat dari hewan ini memiliki tekstur yang lembut dan halus dan menghangatkan. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Adapun jenis serat dari hewan ini adalah sebagai berikut.

  • Serat dari Stapel
  • Srat dari Filamen

Proses Produksi Kerajinan Bahan Serat

Salah satu bagian materi tentang kerajinan serat adalah teknik-teknik dasar yang biasa digunakan dalam keterampilan kerajinan serat ini adalah ikat celup, makrame, dan tapestry. Misalnya adalah sebagai berikut.

  • Menenun, Teknik ini digunakan untuk membuat produk kerajinan tapestry
  • Menjahit, Teknik menjahit ini bisa digunakan untuk pembuatan kain ikat celup
  • Mengikat, Teknik menyatukan dua barang ini biasa digunakan dalam berbagai bentuk kerajinan serat

Berbagai serat tersebut nantinya harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu sebelum dibentuk menjadi sebuah produk kerajinan. Demikian uraian mengenai materi tentang kerajinan serat yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.