Materi Kelas 8 Seni Budaya Menggambar Model

Sumber: pixabay

OMTELOLET – Menggambar model merupakan Teknik yang acap kali dilakukan oleh para perupa. Namun, mengambar model ini tidak bisa dilakukan secara serampangan. Hal itulah yang membuat materi Seni Budaya Menggambar Model sangat penting untuk dipelajari.

Pasalya, mengambar model memerlukan ketekunan dan ketelitian di samping pengetahuan serta keahlian yang dimiliki. Dengan memadukan kesemuanya itu, maka objek yang digambar sesuai dengan yang dibutuhkan. Nah, berikut ini rangkuman materi Seni Budaya kelas 8.

Apa Itu Menggambar Model?

Sebelum mengetahui trik dan cara menggambar model, baiknya kmau pahami terlebih dahulu aoa yang dimaksud dengan menggambar model. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan cara menggambarnya.

Baca juga:  Rekomendasi Solutif! Program Kerja OSIS di Masa Pandemi

Menggambar model sendiri adalah kegiatan yang diawali dengan menentukan objek dari model tersebut, baik berupa benda hidup maupun benda mati. Apa pun benda yang akan dijadikan objek harus disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan juga irama yang baik.

Dengan begitu, model yang dihasilkan akan memiliki satu kesatuan yang utuh sebagai sebuah objek. Adapun beberapa komposisi yang harus diketahui untuk menghasilkan gambar model yang menarik adalah sebagai berikut.

Bentuk-Bentuk Komposisi

Komposisi yang harus diperhatikan dalam menggambar sebuah model sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Komposisi Simetris

Benda atau model yang dijadikan sebagai objek diletakkan pada posisi yang seimbang antara sebelah kiri dan sebelah kanan. Komposisi simetris ini sendiri memiliki keseimbangan benda, baik bentu maupun ukurannya.

  1. Komposisi Asimetris

Berbeda dengan komposisi simetris yang diletakkan secara seimbang secara keseluruhan, komposisi asimetris ini justru kebalikannya. Menggambar model dengan komposisi ini berarti tidak memperhatikan keseimbangan tersebut.

Baca juga:  ¬†Mengapa Dinding Bioskop Dilapisi Bahan Karpet?

Meski begitu, komposisi asimetris tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, serta kesatuan antar benda maupun objek gambar.

  1. Komposisi Sentral Pusat

Komposisi yang satu ini akan meletakkan model atau gambar pada bagian tengah bidang gambar. Penempatan model kemudian diatur sesuai dengan proporsi. Bentuk model pun diatur secara seimbang. Namun, penempatan benda tetap memiliki kesatuan.

Sementara itu, proporsi dalam menggambar objek sendiri merupakan perbandingan ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar yang diamati. Sedangkan, keseimbangan berarti keselarasan antara bidang, objek, dan gambar yang dihasilkan

Nah, demikian uraian singkat mengenai materi Seni Budaya Menggambar Model kelas 8 yang bisa kamu pelajari pada artikel ini. Semoga bermanfaat, ya!