Mau Wajah Glowing? Simak Manfaat Saffron Untuk Wajah Berikut Ini

Sumber : halodoc.com

Wajah glowing adalah impian setiap orang baik pria atau wanita, salah satunya yaitu dengan menggunakan produk kecantikan. Belakangan ini viral produk kecantikan yang bernama saffron face mist, saffron adalah salah satu jenis rempah beraroma khas yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Saffron adalah sejenis rempah dari bunga Crocus Sativus yang berasal dari Asia Barat Daya. Konon katanya saffron ini adalah salah satu rempah termahal di dunia dan banyak dicari yang harganya bisa mencapai Rp 500 ribu per gramnya. Dalam 0,78 gram saffron, mengandung 0,08 g protein, 0,6 mg vitamin C, 0,01 mg zinc, dan 12 mg kalium. Oleh karena itu manfaat saffron untuk wajah juga cukup menjanjikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu membeli saffron dengan kualitas terbaik yang memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna oranye. Saffron memang dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kulit wajah. Tanaman yang memiliki nama latin Crocus sativus  ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk perbaikan sel kulit wajah. Berikut berbagai manfaat saffron untuk wajah, yaitu : 

Baca juga:  Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Produktif
Sumber : cnnindonesia.com

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat saffron untuk wajah yang pertama adalah mampu mengatasi masalah jerawat berkat sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Serta dapat mencegah breakout yang lebih parah. Bunga saffron juga dapat memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Memadukan saffron dengan daun basil akan menjadi antibakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat secara efektif. 

Rendam campuran 10 helai saffron dengan 5-6 daun basil segar di air jernih. Kemudian, tumbuh sampai menjadi krim dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Pakai hingga kondisi jerawat benar-benar sembuh.

2. Melembabkan Kulit

Kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar bahkan mengelupas. Paparan sinar matahari di siang hari seringkali membuat kulit kusam serta kering, sehingga kulit wajah perlu diberi perlindungan. Kondisi ini juga yang akan memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam dan jerawat.  Salah satu manfaat saffron untuk wajah berkat kandungan antioksidan di dalamnya seperti crocetin, kaempferol, crocin, dan safranal adalah beberapa jenis antioksidan dalam saffron yang dapat membantu menangkal radikal bebas. 

Baca juga:  Pentingnya Memahami Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Larutkan tiga helai saffron pada air mineral. Tempatkan pada botol spray, dan semprotkan pada wajah saat diperlukan. Manfaat air saffron untuk wajah satu ini akan mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami. 

3. Mencerahkan Wajah

Selain jerawat, wajah yang kusam akan membuat wajah lebih tampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C akan membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada wajah. Saffron juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Hal ini dikarenakan saffron memiliki kandungan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada wajah.

Gunakan campuran bunga saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama 1 jam hingga semua bahan benar-benar menyatu sempurna, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

Baca juga:  Nasib Cinta Beberapa Zodiak Pada Pekan Ini

Demikian penjelasan tentang manfaat saffron untuk wajah, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi timbul masalah pada kulit wajah. Karena saffron memiliki segudang manfaat yang baik untuk wajah jika digunakan secara rutin, dan penggunaannya pun tidak rumit. Kalian juga bisa membeli produk face mist saffron yang dijual dipasaran tapi tetap berhati-hati terhadap barang palsu yaa, semoga bermanfaat. 

Sumber :

  1.  https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-saffron-untuk-wajah-bty/
  2. https://www.suara.com/lifestyle/2021/10/15/221135/7-manfaat-saffron-untuk-wajah-hilangkan-noda-hitam-dan-mencerahkan-kulit