Manfaat Belajar Menggunakan Metode Blended Learning

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexel

Saat pandemi covid-19, begitu banyak dampak yang dirasakan di berbagai sektor, tak terkecuali di sektor pendidikan. Slogan ‘di rumah aja’ menjadi hastag di hampir semua platform sosial media serta terus digaungkan dan diimplementasikan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Dampak pandemi yang paling dirasakan oleh siswa adalah kelas yang dilakukan secara online. Hal ini dinilai efektif sebab dapat membatasi pertemuan satu sama lain secara langsung. Hingga saat pandemi mereda dan kelas mulai dilakukan kembali secara langsung, metode Blended Learning mulai ramai digunakan.

Blended learning adalah model pembelajaran alternatif di lingkungan sekolah yakni menggabungkan pembelajaran luring/offline dan pembelajaran daring/online. Metode belajar ini memiliki berbagai manfaat jika diaplikasikan.  Penerapan metode campuran ini diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan hasil belajar siswa.

Baca juga:  Berbeda dengan Tenis Lapangan, Beginilah Sejarah Tenis Meja

Manfaat Belajar Menggunakan Metode Blended Learning

Belajar dengan menggunakan metode Blended learning akan memberikan berbagai manfaat, diantaranya :

1.Lebih Fleksibel

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Dengan belajar dengan metode blended learning siswa akan lebih fleksibel dalam menentukan waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran daripada hanya dengan tatap muka atau daring saja. Dengan metode ini, siswa memiliki 2 opsi untuk menerima pelajaran. Hal ini membuat mereka semakin mudah mengakses pelajaran.

Pada metode ini, disatu waktu guru akan memberikan materi secara online dan di waktu lain secara offline. Materi yang disampaikan online biasanya dapat direkam dan diputar kembali di waktu luang, sehingga anak akan lebih mudah mengulang pelajaran.

2.Menghemat Waktu dan Tenaga

Baca juga:  Yuk Cari Tahu, Apakah yang Dimaksud dengan SNMPTN?
Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Dalam model pembelajaran blended learning, guru biasanya kadang bahkan sering memberikan tugas kepada siswanya dan dikirim melalui email atau media lain tanpa menggunakan kertas dan pulpen. Hal ini tentu akan menghemat anggaran yang harus dikeluarkan siswa saat menerima materi dan mengerjakan tugas.
Tak hanya itu, model pembelajaran ini juga akan menghemat tenaga, sebab belajar dapat diakses di rumah, misalnya menggunakan zoom atau google meet.

3.Meningkatkan Keterlibatan Siswa Saat Proses Pembelajaran

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Manfaat selanjutnya dalam penerapan metode blended learning yaitu akan memudahkan siswa untuk terlibat pada saat belajar. Tak dapat dipungkiri, saat ini siswa sudah hidup berdampingan dengan teknologi, dan mau tidak mau pasti akan terus melakukan penyesuaian sehingga mereka akan terbiasa dengan hal tersebut. Seperti yang diketahui, pemanfaatan teknologi akan memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud Kalimat? Begini Penjelasannya

Itulah beberapa manfaat belajar menggunakan metode blended learning. Teknologi yang sejatinya dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia perlu dimanfaatkan sebaik mungkin dalam bidang apapun. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan ilmu baru bagi para pembaca.

Sumber:

https://icando.co.id/artikel/mengenal-blended-learning

https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran-blended-learning/