Macam Macam Kampus yang Wajib Kamu Ketahui

Foto oleh Emily Ranquist dari Pexels

Ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi? Jangan lupa ketahui dulu macam-macam kampus. Hal ini penting supaya kamu bisa memilih Universitas yang tepat dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Yuk, tambah pengetahuanmu tentang macam macam Perguruan Tinggi di Indonesia berikut ini:

1.Universitas

Universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki rumpun ilmu paling banyak. Rumpun ilmu dalam Universitas dibagi dalam berbagai Fakultas yang berbeda. Sebagai contoh misalnya Fakultas Hukum, Kedokteran, Psikologi, Ekonomi, Komunikasi, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagian besar Universitas menggelar berbagai jenjang pendidikan mulai dari Diploma III (D3), Strata I (S1), Magister atau Strata II (S2), dan Doktor atau Strata III (S3). Setiap jenjang pendidikan di Universitas memiliki rentang waktu yang berbeda-beda. Misalnya, normalnya masa studi mahasiswa jenjang S1 ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun atau 8 semester.

Baca juga:  Menjanjikan! 7 Cita-Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS, Cari Tahu Disini

2.Institut

Berbeda dengan Universitas, Institut hanya berpusat pada satu jenis keilmuan saja. Rumpun ilmu yang ada di Institut lebih terbatas dibanding Universitas. Sebagai contoh, kita dapat melihat Institut Teknologi. Jenis perguruan yang satu ini dapat berspesialisasi dalam Teknik, Teknologi, Ilmu Terapan, dan Ilmu Alam. Selain Teknologi, ada banyak jenis Institut lainnya.

Ada berbagai contoh Institut di Indonesia. Ini termasuk Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Sains Dan Teknologi Akprind (IST AKPRIND), Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, dan masih banyak lagi lainnya.

3.Sekolah Tinggi

Macam-macam kampus selanjutnya adalah Sekolah Tinggi. Sederhananya, Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang hanya memiliki satu jenis ilmu pengetahuan, teknologi, ataupun seni. Sekolah Tinggi memiliki persamaan dan perbedaan yang mencolok dengan Universitas dan Institut.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Saran? Cek Materi Lengkap Disini

Sama seperti Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi juga menawarkan pendidikan Akademik dan Vokasi. Akan tetapi, perbedaan yang paling ketara antara Sekolah Tinggi dengan kedua jenis Perguruan Tinggi tersebut adalah pilihan fakultasnya. Perlu diketahui, Sekolah Tinggi hanya membuka satu fakultas dengan beberapa program studi.

4.Politeknik

Hal yang membuat Politeknik berbeda dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi adalah jenis pendidikannya. Hanya ada pendidikan vokasi dalam Politeknik. Dalam hal ini, Politeknik hanya fokus untuk memberikan pengajaran tentang keterampilan dan ilmu-ilmu terapan.

Politeknik lebih condong mempersiapkan lulusannya agar mampu mempraktekkan bidang yang telah dipelajarinya. Umumnya, lulusan Politeknik hanya dapat mencapai gelar D1, D2, D3 ataupun D4.

Baca juga:  Cara Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf

5.Akademi

Sama halnya dengan Politeknik, Akademi juga hanya memiliki pendidikan vokasi. Akan tetapi, cakupan bidang pendidikan dalam Akademi lebih spesifik. Jadi, hanya ada satu rumpun ilmu saja yang diselenggarakan dalam akademi. Bidang keilmuan tersebut dapat berupa Seni, Teknologi, atau Ilmu Pengetahuan.

Kurang lebihnya, itulah penjelasan singkat mengenai macam macam kampus. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa jenis Perguruan Tinggi dengan pendidikan rumpun ilmu yang berbeda.

Sumber:

https://pintek.id/blog/jenis-jenis-perguruan-tinggi/

https://maukuliah.id/blog/5-jenis-perguruan-tinggi-di-indonesia-beserta-contohnya/