Lulusan Teknik Komputer Jaringan Bisa Jadi Apa? Inilah 7 Prospek Kerja dengan Jumlah Gaji yang Besar

OMTELOLET – Perkembangan teknologi terutama komputer semakin maju. Hal ini memberikan peluang yang besar bagi Lulusan Teknik Komputer Jaringan untuk terjun mengembangkan dunia teknologi.

Untuk gelar lulusannya sendiri, seorang lulusan Teknik Komputer mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) atau Sarjana Komputer (S.Kom.).

Apa itu Jurusan Teknik Komputer Jaringan?

Jurusan Teknik Komputer adalah jurusan yang mempelajari tentang pengaplikasian teori dan prinsip-prinsip matematika, komputasi, dan rekayasa yang digunakan sebagai alat dalam merancang hardware, software, jaringan, dan instrumen terkomputerisasi. Jadi dalam jurusan ini tidak hanya mempelajari perangkat keras saja namun juga perangkat lunak.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Teknik Komputer Jaringan, meliputi Kalkulus, Dasar Sistem Digital, Aljabar Linear, Fisika Mekanika dan Panas, dan Pengantar Teknik Komputer.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer Jaringan

1. Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer bertugas membuat algoritma dan program pada mesin agar mesin dapat bekerja tanpa perlu arahan dan bantuan manusia. Jadi untuk dapat bekerja sebagai Machine Learning Engineer,  kamu wajib menguasai bahasa pemrograman.

Baca juga:  PPG 2022 Resmi Dibuka: Cek Link, Cara, dan Syarat Pendaftarannya Sekarang

Profesi Machine Learning Engineer mulai banyak diminati oleh para lulusan jurusan komputer karena passion dan pekerjaannya yang sangat menjanjikan. Untuk seorang Machine Learning Engineer yang sudah berpengalaman, gaji yang dia dapatkan bisa mencapai Rp 25 Juta perbulannya.

2. Information Security Analyst

Profesi Information Security Analyst  bertugas membuat rancangan, mengawasi, dan melakukan langkah-langkah keamanan untuk melindungi kerahasiaan data dan informasi pada perusahaan supaya tidak mudah diketahui orang lain misalnya hacker.

Prospek kerja Teknik Komputer ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga keamanan data perusahaan. Oleh karena itu, gaji yang diperolehnya pun juga cukup tinggi yakni berkisar antara Rp 4 Juta hingga Rp 8 Juta perbulannya.

3. Network Architect

Network Architect memiliki tugas membuat desain network dan jaringan komputer yang dibutuhkan oleh perusahaan secara efisien guna membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Profesi Network Architect membutuhkan keahlian yang tinggi dalam bidang IT seperti keahlian teknik, matematika, komputer, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Review Skill Academy CASN, Bimbel CPNS Terbaik

Seorang Network Architect di Indonesia memiliki rata-rata gaji sekitar Rp 5 Juta perbulan. Akan tetapi, angka ini bisa terus meningkat mengingat masih kurangnya ahli networking di Indonesia dan kebutuhan akan pekerjaan ini yang juga semakin meningkat.

4. Database Administrator

Profesi Database Administrator  bertanggung jawab dalam mengendalikan basis data dalam perusahaan supaya data tersebut hanya bisa diakses oleh pihak tertentu yang telah memiliki izin atau pemegang otoritas.

Apabila kamu tertarik dengan profesi ini maka keahlian yang dimiliki adalah keahlian pemrograman database seperti SQL, XML, dan lain sebagainya.

Nah, meskipun kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Database Administrator cukup banyak tetapi kisaran gaji yang dimiliki oleh profesi ini lumayan tinggi yaitu berkisar Rp 5 Juta hingga Rp 13 Juta setiap bulannya.

5. Konsultan ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan perangkat lunak yang membuat semua aktivitas bisnis pada perusahaan mempunyai pengelolaan yang terkoordinasi di satu tempat yang sama.

Sementara itu, Konsultan ERP sendiri bertugas memberikan konsultasi tentang cara mengembangkan sistem dengan perangkat lunak basis data yang terkait serta membantu menangani permasalahan perusahaan dengan memberikan solusi yang tepat supaya kegiatan perusahaan berjalan secara efektif.

Baca juga:  Macam Macam Kampus yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk gajinya sendiri, seorang Konsultan ERP memiliki gaji yang gak kalah tinggi loh dengan prospek kerja Teknik Komputer yang lain yaitu gajinya bisa mencapai Rp 14 Juta perbulan.

6. Pegawai Negeri Sipil

Tentu saja seorang lulusan Teknik Komputer bisa banget memilih profesi Pegawai Negeri Sipil sebagai pilihan karirnya di masa depan. Profesi ini dijuluki sebagai profesi impian dan idaman bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan hanya gajinya yang tinggi tetapi juga keuntungan yang banyak bisa didapatkan oleh profesi ini, mulai dari tunjangan-tunjangan hingga pemberian gaji yang tetap setiap bulannya.

Apabila kamu memilih profesi ini sebagai karirmu di masa depan, maka gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang PNS berkisar Rp 2,5 Juta hingga Rp 5,9 Juta perbulannya.

7. Teknisi

Profesi Teknisi bertugas memperbaiki komputer maupun jaringan komputer yang bermasalah agar dapat digunakan lagi secara normal oleh klien.

Selain itu, seorang Teknisi juga bertugas dalam memberikan pemeriksaan dan perawatan yang rutin terhadap komputer pelanggan yang bermasalah.

Umumnya, gaji yang didapatkan oleh seorang Teknisi memiliki rata-rata sekitar Rp 3,3 Juta untuk setiap bulannya.

Nah, itulah informasi Lengkap mengenai Jurusan Teknik Komputer Jaringan beserta prospek kerjanya. Semoga bermanfaat ya.