Lulusan Teknik Elektronika Kerja Dimana? Cari Tahu Jawabannya Disini

OMTELOLET – Tahukah kamu tentang Jurusan Teknik Elektronika? Jurusan ini akan mempelajari listrik arus lemah, seperti transistor, rangkaian listrik, IC, dan lain sebagainya.

Selain itu, kuliah teknik elektronika membuatmu belajar tentang berbagai perangkat dan komponen elektronik dan listrik non-linier serta arus listrik tabung elektron maupun perangkat semikonduktor yang mencakup sirkuit terintegrasi, dioda, hingga transistor, yang digunakan untuk merancang perangkat, sirkuit, maupun sistem elektronik.

Lalu, apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Elektronika? Yuk, simak mata kuliahnya berikut ini.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Elektronika

Kuliah Teknik Elektronika memerlukan penerapan ilmu Fisika terapan dan Matematika teknik, terutama pada prosedur maupun praktik instalasi.

Baca juga:  Sangat Menarik, Review Program PAUD Online Alta School

Di Jurusan Elektronika, mahasiswa akan dibimbing untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang instrumentasi maupun sistem kendali. Rumusan alternatif solusi dan troubleshooting dalam teknik elektronika menggunakan standar IEC (International Elektrotechnical Commission).

Berikut ini adalah contoh mata kuliah di Jurusan Teknik Elektronika.

  • Piranti Elektronika
  • Dasar Sistem Tenaga Listrik
  • Kewirausahaan
  • Elektromagnet
  • Konsep Teknologi
  • Mikrokontroler
  • Gambar Teknik
  • Rangkaian Linear Aktif
  • Instrumentasi Elektronika
  • Elektronika Optik
  • Sistem Mikroprosesor
  • Metode Numerik

Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektronika

Dilansir dari laman its.ac.id, lulusan teknik elektronika akan memiliki peluang berkarir di perusahaan maupun berwirausaha. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu geluti:

Dosen

Lulusan Departemen Teknik Elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan departemen teknik elektro bisa menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun jurusan keteknikan lain.

Baca juga:  Aplikasi Quora adalah Apa dan Bagaimana Sejarahnya?

Pegawai Negeri

Peluang kerja bagi lulusan Departemen teknik elektro sebagai pegawai negeri sipil terdapat bidang energi dan sumber daya mineral antara lain di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, juga dapat bekerja di Kementrian.

Badan Usaha Milik Negara

Lulusan Departemen Teknik Elektro dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan perusahaan lainnya.

Sektor Swasta

Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektor swasta sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl axiata, dan lain-lain. Selain itu prospek kerja teknik elektro juga dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.

Baca juga:  Viral! Taylor Swift Raih Gelar Doktor dari New York University, Intip Rahasianya

Wirausaha

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan komputer. Lulusan jurusan ini dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi.

Software Developer

Bukan hanya lulusan dari teknik informatika saja yang mampu mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan pengembangan IOT (Internet of Things). Selain itu, lulusan elektro juga diharapkan mampu menguasai bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya arduino.

System Engineer

Electrical Design Engineer

Project Engineer

Control Engineer

Nah, itulah informasi lengkap mengenai jurusan elektronika dan prospek kerjanya. Semoga bermanfaat ya.

 

 

Sumber:

Prospek Karir