Lulusan Jurusan Pariwisata Jadi Apa? Intip 15 Prospek Kerja yang Cocok bagi Hobi Jalan-jalan dengan Gaji Besar

OMTELOLET – Sektor pariwisata menjadi primadona yang tidak pernah surut. Oleh karena itu, peluang dan prospek kerja lulusa Jurusan Pariwisata sangat terbuka lebar ditambah gaji yang besar.

Sebagai salah satu sumber devisa negara, industri pariwisata menjadi sasaran bagi pembangunan nasional.

Hal tersebut akan menyebabkan lulusan Jurusan Pariwisata semakin dibutuhkan di berbagai macam industri wisata dan pemerintah.

Berikut ini adalah daftar prospek kerja bagi Jurusan Pariwisata.

1. Pengelola Tempat Wisata

Di jaman era yang serba digital ini, mempromosikan berbagai tempat wisata dapat dilakukan secara online dengan cepat.

Selain itu, sekarang ini banyak tempat wisata baru mulai bermunculan untuk menambah perekonomian suatu tempat.

Bagi lulusan pariwisata, maka dapat memilih bekerja sebagai pengelola wisata maupun mendirikan tempat wisata baru yang masih belum ada.

2. Travel Blogger

Bekerja sambil jalan-jalan ke suatu tempat wisata merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Travel blogger terbuka lebar bagi  lulusan pariwisata yang suka dengan dunia kepenulisan melalui media online.

Tidak dapat dipungkiri, dengan mempromosikan tempat wisata akan mendapatkan bayaran dari agen travel maupun mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di blog atau website.

Baca juga:  Kenali Fitur Baru ruangbelajar di Ruangguru yang Bikin Belajar Lebih Seru

3. Tour Guide

Tour Guide atau pemandu wisata menjadi sangat penting untuk mengenalkan tempat wisata ke banyak pengunjung tempat wisata. Profesi ini dibutuhkan terutama untuk turis asing yang berkunjung ke tempat wisata di Indonesia. Secara tidak langsung, hal ini akan menambah kemampuan anda dalam bahasa asing.

Peluang dan prospek kerja lulusan pariwisata terbuka dan bagi yang mempunyai kemampuan komunikasi dan bahasa Inggris menjadi nilai lebih untuk menjadi seorang tour guide yang handal.

Dengan menjadi seorang tour guide, tentu akan menambah pengalaman dan membuat pikiran lebih cepat tanggap dan kritis dalam menjawab pertanyaan dari wisatawan.

4. Wedding Organizer

Bagi lulusan pariwisata yang suka dengan perencanaan dan pengorganisasian, menjadi wedding organizer adalah pilihan yang cocok.

Pasalnya, setiap saat pasti ada orang yang menikah dan pernikahan menjadi hal yang sangat penting bagi pasangan.

Untuk menjadi wedding organizer memang tidak diperlukan sertifikasi, akan tetapi diperlukan pengalaman yang nyata dalam konsep acara pernikahan.

Akan tetapi, untuk jadi sukses dalam bisnis ini perlu waktu bertahun-tahun untuk menjamin para konsumen yang ingin menyewa wedding organizer anda. Selain itu, diperlukan kualitas yang baik dan branding untuk menjadi populer.

5. Industri Makanan dan Minuman

Setiap hari orang memerlukan makanan dan minuman sebagai kebutuhan primer. Sehingga menjadi peluang dan prospek kerja lulusan pariwisata yang sangat menjanjikan.

Baca juga:  Apa Ciri Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi?

Berdasarkan detik.com, pertumbuhan industri makanan dan minuman terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 pertumbuhannya naik sebesar 8,46% dari tahun sebelumnya.

6. Konsultan Pariwisata

Konsultan tentu sangat menarik bagi para lulusan pariwisata yang telah berpengalaman dalam jasa dan saran dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Apalagi, seorang konsultan pariwisata yang bertugas dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pariwisata.

7. Industri Penerbangan

Pertumbuhan perjalanan udara semakin hari semakin mengalami pertumbuhan global dari tahun ke tahun. Berbagai maskapai penerbangan terus mengalami inovasi untuk meningkatkan penumpang. Oleh karena itu, tidak heran penerbangan menjadi prospek kerja lulusan pariwisata yang menjanjikan.

Semakin banyak penerbangan ke Indonesia, tentu akan berdampak langsung untuk sektor pariwisata. Di sinilah peran dari seorang lulusan pariwisata yang sangat penting.

8. Dosen

Adanya jurusan pariwisata tentu membuat tenaga pengajar dosen tetap terus dibutuhkan untuk perkuliahan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen perlu menyelesaikan studi S2.

Walaupun, gaji yang terbilang kecil dibandingkan dengan lainnya, dengan menjadi dosen pariwisata anda akan menemukan kebahagiaan tersendiri.

9. Perhotelan

Bisnis perhotelan semakin hari semakin banyak dengan berkembangnya berbagai macam tempat wisata.

Tentunya, hotel tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap saja. Namun, juga sering digunakan sebagai perkumpulan maupun acara istimewa seperti seminar.

Sehingga tidak heran, perhotelan menjadi bisnis yang menggiurkan untuk para lulusan pariwisata di Indonesia.

Baca juga:  Mengetahui Apa Itu Korupsi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

10. Pemerintahan

Lulusan pariwisata mempunyai peluang besar untuk bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Pariwisata Indonesia.

Di samping itu, kamu juga berpeluang untuk berkarier menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan yang berhubungan dengan pariwisata.

Selain itu, di institusi pemerintahan tentu saja juga terbagi lagi menjadi departemen yang tugasnya untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata Indonesia menjadi lebih baik.

11. Youtuber

Bagi yang tertarik menjadi youtuber, tentu menjadi pilihan pekerjaan yang menarik untuk kamu sebagai prospek kerja lulusan pariwisata.

Dengan kemampuan komunikasi anda yang bagus, anda bisa mengulas berbagai macam tempat wisata di seluruh dunia dan mengubahnya menjadi rupiah.

12. Pengusaha

Tidak ada salahnya untuk kamu yang ingin terjun dalam bisnis wirausaha bagi lulusan pariwisata yang suka dengan tantangan dan risiko.

Sebagai seorang pengusaha, kamu dituntut untuk selalu inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan. Apalagi bagi yang menjalankan bisnis pariwisata.

13. Pelayaran

Pelayaran menjadi sektor yang tidak ada habisnya dan terus mengalami perkembangan. Sektor perdagangan dan pariwisata menjadi daya tarik tersendiri.

14. Manajemen Restoran

Untuk mendapatkan pengunjung restoran yang banyak tentu membutuhkan seorang yang mampu melakukan manajemen restoran yang baik.

Oleh karena itu, seorang lulusan pariwisata sangat berpeluang untuk mengelola dan melakukan manajemen restoran yang lebih baik.

15. Penyelenggara Konser, Festival, dan Pameran

Berbagai acara kegiatan besar seperti konser, festival, dan pameran tentu membutuhkan persiapan dan konsep yang matang.

Tentu hal ini akan menjadi prospek kerja lulusan pariwisata yang ingin mengkoordinasi sebuah event menjadi sukses.

Nah, itulah daftar prospek kerja yang bisa menjadi pilihan lulusan jurusan Pariwisata. Semoga bermanfaat ya.