Lulusan Agribisnis Jadi Apa? Temukan 7 Prospek Kerjanya dengan Gaji Besar Berikut Ini

Young agro-engineer looking at foliage of cucumber plants while making research

OMTELOLET – Tahukah kamu mengenai Jurusan Agribisnis? Jurusan Agribisnis merupakan ilmu untuk mempelajari usaha baik memajukan bidang pertanian maupun sosial ekonomi secara berkelanjutan.

Lulusan Agribisnis memiliki beberapa prospek kerja meliputi pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan dengan menerapkan prinsip kerja efektif dan efisien.

Nantinya, kamu sebagai lulusan Agribisnis akan bekerja sama dengan para petani dan pakar-pakar pertanian untuk memajukan kualitas hasil pertanian di dalam negeri.

Berikut ini adalah 7 prospek kerja Agribisnis yang bisa menjadi peluang buat kamu dalam memilih jurusan.

1. Pegawai perusahaan bidang pertanian (BUMN atau swasta)

Prospek kerja agribisnis terbuka bagi kamu di banyak perusahaan yang bergerak di bidang pertanian.

Sebagai seorang lulusan agribisnis, kamu tentu telah menyimpan posisi amanmu di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, yang dikelola oleh negara maupun swasta.

Tidak hanya bidang pertanian saja, kamu juga dapat memanfaatkan beberapa posisi lain sebagai prospek kerja agribisnismu. Kamu dapat mengambil posisi finansial, pemasaran, operasional, dan manajemen. Posisi-posisi ini dapat kamu ambil dikarenakan sebagai mahasiswa agribisnis, kamu tidak hanya akan berkecimpung di dunia pertanian saja, namun juga melihat dari seluruh aspek bisnis, sehingga kamu akan memiliki ilmu – ilmu mendasar terkait pengelolaan perusahaan.

Baca juga:  Bagaimana Cara Beriman Kepada Kitab-kitab Allah?

2. Pegawai instansi pemerintahan

Pemerintah sedang berusaha untuk memajukan instansi-instansi pemerintah yang ada, kamu dapat memanfaatkan momentum ini sebagai prospek kerja agribisnis yang baik untuk kariermu.

Kamu dapat memilih untuk bekerja di beberapa instansi pemerintah, antara lain Dinas Pertanian Daerah bahkan Kementrian Pertanian.

Kemudian, instansi tersebut tentu menyediakan prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu untuk membangun kariermu. Selain itu, kamu akan mendapatkan juga pelayanan yang sepadan sebagai seorang pegawai negeri sipil.

Instansi pemerintah tentu memiliki prospek kerja agribisnis yang baik, namun kamu perlu mengetahui bahwa untuk masuk ke dalam jajaran pegawai negeri sipil, kamu akan harus menghadapi seleksi yang ketat untuk mendapatkan bangku di instansi pemerintahan tersebut.

3. Entrepreneur

Melihat bahwa negara kita sangat mengandalkan pertaniannya, maka ada banyak jenis usaha yang dapat kamu lakukan untuk memberdayakan dan memajukan kualitas pertanian yang ada.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu kamu harus dengan cerdas menangkap momentum dan menjadikannya prospek kerja agribisnis bagi dirimu dan orang lain.

Selain kesempatan untuk menerapkan apa yang telah kamu pelajari di bangku kuliah, kamu jadi memiliki kesempatan untuk memberikan orang lain kesempatan untuk bekerja dan prospek kerja agrbisnis.

Baca juga:  Apakah SNMPTN Gratis Biaya Kuliah? Ini jawabannya

Seorang entrepreneur di bidang agribisnis dituntut untuk menjadi peka dan menciptkan pekerjaan yang menjawab permasalahan yang dihadapi oleh bidang pertanian. Misalnya kurangnya pemberdayaan petani di daerah – daerah. Maka dari permasalahan tersebut, kamu dapat menciptakan platform bagi banyak orang untuk berinvestasi di ladang para petani, sehingga terjadi peningkatan kinerja para petani.

4. Peneliti

Pertanian tentu memiliki permasalahan yang sangat kompleks dan menjadi seorang peneliti dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang baik bagi kamu.

Jika kamu menyukai hal-hal tentang penelitian, maka gunakan kemampuanmu tersebut sebagai prospek kerja agribisnis yang tidak hanya menjadi tempatmu mengaplikasikan teknik riset yang baik, namun juga membantu banyak sektor dengan data yang kamu temukan.

Keberadaan data hasil risetmu dapat membantu banyak sektor, khususnya perekonomian.

Sederhananya, seorang entrepreneur tentu membutuhkan data pendukung untuk mendukung ide bisnis mereka, dan data kamu dapat dimanfaatkan dengan sangat baik.

Lembaga-lembaga penelitian dan riset yang ada di indonesia, seperti LIPI atau BPS (Badan Pusat Statistik) bisa menjadi pilihanmu.

5. Akademisi atau tenaga pengajar

Sebagai tenaga pengajar, kamu membantu mencetak lulusan – lulusan agribisnis yang siap untuk memajukan pertanian negara Indonesia. JIka kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia akademik, kamu dapat memilih untuk menjadi tenaga pengajar di SMK pertanian atau menjadi dosen di universitas-universitas yang memiliki jurusan agribisnis.

Baca juga:  Pilih Mana Roboguru Ruangguru Vs Brainly? Berikut Review-nya

Untuk menjadi guru di SMK Pertanian, kamu cukup menjadi lulusan S1 di bidang agribisnis. Namun, jika kamu lebih tertarik menjadi seorang dosen, maka kamu perlu memiliki gelar S2 di bidang agribisnis yang lebih terkonsentrasi.

6. Lembaga swadaya masyarakat (LSM)

Saat ini, banyak Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Koperasi yang mau turun tangan untuk memajukan pertanian Indonesia. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki keinginan besar untuk membantu memajukan pertanian di Indonesia dan membantu kerja para petani, bekerja di LSM atau koperasi dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang tepat bagi kamu.

Selain membantu mengembangkan pertanian, kamu juga akan melihat langsung proses yang dilalui oleh para petani, mendengar permasalahan yang mereka alami, dan dapat membantu dengan memberikan solusi secara langsung.

7. Bisnis komoditi baru

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan hasil pertaniannya. Terlebih banyaknya komoditi khas yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Kamu dapat mulai dengan mengembangkan komoditi-komoditi baru di Papua, sisi terbarat Indonesia yang kekayaan alamnya sangatlah unik.

Selain memiliki kesempatan untuk mengembangkan komoditi-komoditi unik di Indonesia, kamu juga dapat embangun network seluas-luasnya di bidang agribisnis. Kedua hal tersebutlah yang dapat menjadikan bisnis komoditi baru, sebuah prospek kerja agribisnis yang baik.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Jurusan Agribisnis. Semoga bermanfaat ya.