Lagi Viral! 8 Artis ini Adopsi Boneka Arwah sebagai Anak

Tahukah kamu mengenai boneka arwah atau spirit doll? Tentunya, kamu sangat mengetahui dengan fenomena tentang boneka arwah. Pasalnya, beberapa artis mengadopsi boneka arwah sebagai anak. Hal ini menyebabkan perbincangan yang ramai di media sosial.

Sebelum kamu mengetahui tentang siapa saja artis yang mengadopsi boneka arwah, yuk kita telaah bersama mengenai fenomena boneka arwah.

Tentang Fenomena Boneka Arwah

Dr. Sunu Wasono, seorang Peneliti Sastra dan Budayawan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menanggapi terkait boneka arwah yang dilansir dari laman kompas.com. Menurut Sunu, sebenarnya istilah boneka arwah itu tidak berarti terdapat arwah di dalam sebuah boneka.

Akan tetapi, Dr. Sunu juga mengakui bahwa boneka arwah menyangkut dengan sebuah kepercayaan sebagian orang yang menganggap benda atau materi tersebut bisa diisi sesuatu, misalnya roh atau energi.

Baca juga:  Rekomendasi Kursus Buat Si Kecil! Review Ruangguru for Kids

Sependapat dengan Dr. Sunu, menurut Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si, Pemerhati Budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengatakan bahwa fenomena boneka arwah berhubungan dengan kepercayaan masyarakat sejak lama.

Dalam mitologi Jawa terdapat perilaku supranatural menggunakan media visual, seperti boneka, untuk berdialog dengan sejumlah arwah. Oleh karena itu, fenomena boneka arwah sebenarnya bukan hal yang baru.

Lalu, bagaimanakah menurut kalian mengenai artis yang mengadopsi ataupun mengoleksi boneka arwah?

Daftar Artis yang Adopsi Boneka Arwah

Setiap artis yang mengadopsi ataupun mengoleksi boneka arwah  memiliki alasan tersendiri, baik untuk hobi, ingin mengasuh anak, bahkan mendoakan arwah anak-anak yang tidak tenang.

Berikut ini sederet artis yang memiliki boneka arwah alias spirit doll dan mengadopsi bayi boneka.

1. Ivan Gunawan

Salah satu artis yang tengah viral menjadi topik pembicaraan oleh khalayak ramai adalah Ivan Gunawan. Ivan mengasuh dua boneka laki-laki dengan tegas mengatakan bahwa ia merawat dan memperlakukan keduanya seperti bayi.

Baca juga:  Amigdala Trending Twitter Hari Ini! Kasus Aya Canina Alami Kekerasan dari Personel Band

Hal itu dibuktikkan dengan pemberian nama kepada setiap boneka laki-laki, yakni Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

Diketahui juga bahwa salah satu boneka arwah milik Ivan Gunawan merupakan pemberian dari sahabatnya, Ruben Onsu.

Sumber: google foto

2. Roy Kiyoshi

Sebelum datangnya fenomena bonek arwah, Roy Kyoshi telah memiliki ratusan spirit doll sejak tahun 2006.

Selain itu, Roy Kyoshi mengaku bahwa boneka miliknya berisi arwah dengan diberi tanda pada bagian tubuhnya. Duh, serem juga ya guys. Kalian berani nggak nih menyentuh bonekanya? Ehehe, canda deh.

3. Celine Evangelista

Seperti halnya Ivan Gunawan, Celine juga mengabarkan dirinya telah adopsi boneka sebagai anak laki-laki ketiganya.

Sumber: google foto

4. Ruben Onsu

Ruben turut menjadi artis yang memiliki boneka arwah. Ia memiliki boneka arwah yang sama seperti Ivan Gunawan.

Baca juga:  Heboh! Antusiasme Penonton Allo Fest, Antre Sejak Jam 7 Pagi

Ruben pun juga memberikan nama untuk bonekanya, yaitu Roby.

5. Soimah

Sebagai sinden dan penyanyi dangdut, Soimah juga memiliki boneka bayi laki-laki. Ia juga memberikan nama bayi laki-lakinya, yaitu Basuki.

6. Nora Alexandra

Nora ikut sebagai artis yang memiliki boneka arwah. Ia juga memberikan nama untuk 3 bayi bonek miliknya, yaitu Fannie, Lolly, dan Ella.

7. Lucinta Luna

Lucinta memiliki boneka arwah yang sudah dianggap sebagai pendampingnya. Ia juga kerapkali membagikan momen jalan-jalan dengan bonekanya.

8. Furi Harun

Furi Harun mengadopsi boneka arwah yang dianggapnya sebagai niat mulia. Ia memasukkan arwah ke dalam boneka-bonekanya tersebut.

Melalui boneka-bonekanya, Furi ingin membimbing, merawat dan mendoakan arwah anak-anak yang tidak tenang.

“Tujuannya untuk membimbing dan mendoakan arwah anak atau janin yang pernah diaborsi,” jelas Furi dalam pemberitaan kompas.com, Senin (3/1/2021).

Selain itu, ia juga mengoleksi ratusan boneka arwah hingga membuat bisnis adopsi boneka arwah ini.

Nah dari pemaparan di atas, bagaimana pendapatmu dalam menyikapi artis yang mengadopsi boneka tersebut? Tentunya, apapun yang dilakukan oleh orang-orang yang mengoleksi dan menggunakan boneka arwah harapannya tidak akan merugikan siapapun.

 

Sumber:

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/06/173100123/viral-artis-adopsi-boneka-arwah-atau-spirit-doll-ini-kata-pakar-budaya?page=all#:~:text=Beberapa%20artis%20tanah%20air%20dikabarkan,%2C%20Soimah%2C%20dan%20Furi%20Harun.

https://www.liputan6.com/news/read/4851790/7-artis-ini-adopsi-boneka-arwah-sebagai-anak