Kupas Tuntas Pertanyaan Wawancara OSIS

Pernah membayangkan saat dirimu sedang berada dalam posisi disodori pertanyaan wawancara OSIS di sekolah? Ya, bila kondisi seperti itu sedang kamu hadapi, artinya kamu sedang menjalani serangkian tes menjadi pengurus OSIS di sekolahmu.

Menjadi seorang pengurus OSIS memanglah menjadi hal cukup membanggakan, karena dengan begitu kamu bisa memberikan kontribusi dan sumbangsih nyata dalam membangun potensi dan minat bakat para pelajar di sekolahmu. Selain itu, dengan menjadi pengurus OSIS, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan keterampilan dalam berorganisasi.

Artinya, dengan menjadi pengurus OSIS, kalian juga akan mendapatkan banyak sekali perkembangan sekaligus pengalaman saat berinteraksi dengan lingkungan sosial yang lebih luas lagi. Maka, menjadi pengurus OSIS merupakan nilai plus bagi seorang pelajar disamping rutinitas utamanya yang berhak menerima pelajaran dan mengerjakan tugas pekerjaan rumah.

Menjadi pengurus OSIS tidaklah mudah dan tidak semua pelajar bisa mendapatkan tanggung jawab dengan menjadi pengurus OSIS. Maka, untuk menjadi pengurus OSIS perlu melewati serangkaian tes,termasuk pertanyaan yang diajukan melalui sesi wawancara dan harus bisa dilalui dengan sebaik mungkin.

Baca juga:  Heboh, Ibu Bunuh Anak Kandung di Brebes, Ini Faktanya

Lalu pertanyaannya, seperti apa saja sih pertanyaan yang dilontarkan saat sedang wawancara OSIS? Artikel ini akan mengupas tuntas pertanyaan yang sering dilontarkan saat wawancara OSIS beserta jawabannya yang bisa kalian pelajari sebagai referensi saat melakukan wawancara OSIS.

sumber gambar : unsplash.com
  • Apa Motivasi kamu menjadi pengurus OSIS?

Motivasi, inilah pertanyaan pertama yang hampir pasti akan ditanyakan pertama kali saat memulai sesi wawancara. Seorang ketua OSIS tentu perlu mengetahui motivasi seorang calon pengurusnya. Motivasi menjadi hal yang sangat mendasar dan penting untuk dibawa seseorang yang hendak memasuki ruang Organisasi. Motivasi sangat berkaitan erat dengan tujuan seseorang memasuki Organisasi dan komitmen seseorang didalam Organisasi akan dapat dilihat dari bagaimana motivasinya

Baca juga:  Heboh Keisya Levronka Kembali Fals Usai Nyanyikan Nada Tinggi hingga Tuai Kritikan Warganet

Tips menjawabnya :

Jawablah dengan menunjukkan bahwa motivasimu ingin memberikan kontribusi nyata terhadap OSIS di sekolah dalam hal pengembangan minat dan bakat, serta tambahkan bahwa kamu ingin belajar mengembangkan kedewasaan diri beserta mentalmu, katakanlah bahwa kamu percaya diri bisa melakukannya dengan baik.

 

  • Bidang apa dan mana yang kamu inginkan?

Pertanyaan semacam ini adalah pertanyaan mendasar, kamu akan ditanyakan ingin masuk ke bidang apa dan mana? Dalam OSIS, terdapat banyak sekali bidang struktural jabatan yang harus diisi oleh orang-orang yang berkompeten sesuai bidangnya.

Tips menjawabnya :

Jawablah dengan yakin sesuai pada bidang jabatan yang kamu inginkan, disertai penjelasan yang singkat dan tegas mengapa kamu pantas berada disana, tambahkan juga kelebihanmu yang sesuai dengan bidang jabatan yang kamu inginkan. Sebelum itu, pastikan bahwa bidang jabatan pilihanmu memang sesuai dengan kemampuanmu.

Baca juga:  Heboh Kinder Joy, BPOM Pinang Sisir Swalayan Minta Pedagang Tak Jual Sementara

 

  • Jika menjadi pengurus OSIS, seperti apa kontribusimu?

Ini adalah pertanyaan lanjutan dari dua pertanyaan diatas sebelumnya, pertanyaan ini menekankan pada bagaimana kamu merealisasikan kontribusimu jika seandainya terpilih menjadi pengurus OSIS. Maka, jawablah berdasarkan dua pertanyaan yang sudah kamu jawab diatas, sertakan dengan pernyataan tambahan bagaimana kamu akan merealisasikannya ditengah kewajiban utamamu sebagai pelajar. Tegaskan dengan penuh keyakinan bahwa kamu sangat percaya diri dan antusias jika terpilih untuk menjalani tanggung jawab sebagai pengurus OSIS.

Jadi, seperti itulah tiga pertanyaan wawancara OSIS yang sudah pasti akan ditanyakan pada para calon pengurus OSIS, termasuk dirimu. Maka, pastikan kamu sudah mempersiapkan visi dan perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum melakukan sesi wawancara.

Sumber referensi : https://wirahadie.com/pertanyaan-untuk-wawancara-osis/amp/