Kuota Sekolah SNMPTN 2022? Begini Cara Ceknya!

Sumber: LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan kuota sekolah SNMPTN 2022. Pengumuman ini dapat dilihat di akun Instagram resmi LTMPT yaitu @ltmptofficial atau situs resmi yakni www.ltmpt.ac.id. SNMPTN tahun 2022 dilakukan dengan memberikan kuota pada tiap sekolah berdasarkan akreditas. Dikutip dari ltmpt.ac.id, sekolah dengan akreditasi A akan mendapatkan kuota sebesar 40%, akreditasi B memperoleh 25%, serta akreditasi C dan lainnya memiliki kuota sebesar 5%. Selain akreditasi, persyaratan lainnya adalah sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berikut cara cek kuota sekolah untuk SNMPTN 2022

                                                 Sumber : kompas.com

Cara Cek Kuota Sekolah

  1. Buka laman www.ltmpt.ac.id
  2. Kemudian pilih menu SNMPTN 2022
  3. Selanjutnya gulir ke bawah lalu klik “Kuota Sekolah”
  4. Lalu pencarian kuota sekolah dapat dilakukan dengan memilih lokasi serta memasukan NPSN.
Baca juga:  Jurusan Pemasaran Bisa Kerja Apa? Cek Info Lengkapnya Disini

Adapun setelah mengetahui kuota sekolah maka diagendakan adanya masa sanggah kuota sekolah yang ditutup pada 17 Januari 2022 pukul 15.00 WIB. Lalu untuk pembuatan akun LTMPT dapat dilakukan mulai 4 Januari-15 Februari 2022.

Ketua Pelakasana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan, sekolah yang merasa kuotanya tak sesuai dengan akreditasi, bisa mengajukan sanggah. 

“Kalau dari sekolah itu merasa tidak sesuai atau merasa kecil, akreditasi A kok dihitung B, diberikan waktu sanggah,” kata Budi dalam Webinar Sosialisasi PDSS, SNMPTN dan SBMPTN 2022, seperti dimuat laman resmi Kemendikbud. Masa sanggah bagi sekolah diberikan waktu hingga 17 Januari 2022. “Sampai tanggal 17 Januari pukul 15.00 WIB,” ujar Budi, saat dikonfirmasi ulang, Selasa (28/12/2021).

Baca juga:  Review Program SD Online Alta School, Jaminan Pendidikan Berkualitas

Setelah pengumuman kuota ini, sekolah harus melakukan pengisian pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Periode pengisian PDSS ini berlangsung pada 8 Januari-8 Februari 2022. Pengisian PDSS dilakukan untuk menentukan siswa eligible. Selanjutnya, para siswa akan melakukan pendaftaran SNMPTN pada 14-28 Februari 2022. “Kalau misal sekolah itu ada 40 siswa eligible tapi ada lima siswa eligible tidak mendaftar, apakah boleh digantikan dengan lima siswa yang ada di urutan 41 sampai 45? Tentu boleh. Yang penting kami tahunya 40 orang mendaftar,” ujarnya.

Ketika melakukan pendaftaran, siswa bisa memilih dua program studi dari maksimal dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Satu dari dua program studi yang dipilih harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. 

Baca juga:  Apa Jurusan Teknik Industri Itu Sulit? Intip Daftar Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Namun, jika memilih satu program studi, maka bisa memilih PTN yang ada di provinsi mana pun. Budi mengatakan, bagi peserta yang mendaftar program studi bidang olahraga dan seni, wajib mengunggah portofolio. Pengumuman hasil SNMPTN 2022 dijadwalkan pada 29 Maret 2022. Peserta yang lolos akan diminta melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan PTN tempatnya diterima. SNMPTN tahun 2022 dilakukan dengan memberikan kuota pada tiap sekolah berdasarkan akreditas.

Sekian pembahasan tentang kuota sekolah SNMPTN tahun 2022, semoga kalian diterima di perguruan tinggi favorit yaa!

Sumber Rujukan :https://ltmpt.ac.id/?mid=4