10 Kota Paling Panas di Indonesia, Ada Kotamu?

www.mediaindo.co.id

Wilayah Indonesia memang terletak di daerah dengan iklim tropis. Maka tak  heran jika suhu udara di Indonesia cukup panas. Suhu udara di Indonesia rata-rata di angka 25-36 derajat Celcius. Akan tetapi, terdapat beberapa kota di Indonesia yang mendapat julukan kota terpanas. Sebab, suhu panas di beberapa kota tersebut terbilang lebih tinggi dari kota lain di Indonesia.

Apalagi saat musim pancaroba, biasanya suhu udaranya lebih panas. Selain itu, posisi matahari saat tepat di atas jalur khatulistiwa juga bisa menambah terik matahari. Biasanya posisi matahari tepat di atas jalur khatulistiwa pada saat gerak semu tahunan matahari terjadi. Gerak semu tersebut dapat terjadi akibat sumbu rotasi bumi yang miring terhadap matahari. Itu yang menyebabkan seolah-olah matahari tampak bergerak bergantian menuju ke bumi bagian utara dan selatan.

Nah, berikut ini sepuluh kota dengan suhu terpanas di Indonesia.

Sei Rampah – Sumatera Utara

Kota dengan suhu terpanas di Indonesia yang pertama ialah Sei Rampah. Terletak di daerah pesisir yang langsung menghadap ke Selat Malaka. Tepatnya berada di Kabupaten Serdang Bedagai, dan merupakan ibu kota kabupaten tersebut. Dari jauh mungkin kota ini tidak tampak seperti kota yang panas, sebab masih banyak ditumbuhi pohon. Tapi siapa sangka, meskipun terlihat asri, akan tetapi kondisi kota ini cukup panas. Bahkan suhu panas kota ini bisa mencapai 35 derajat Celcius.

Baca juga:  Song Kang dan Han So Hee Dirumorkan Pacaran, Inilah Foto yang Bikin Fans Heboh

Medan – Sumatera Utara

Jelajahi Kota Medan dengan Private Tour Tepercaya | Sahabat Lokal
www.adira.co.id

Kota terpanas selanjutnya ialah Medan, ibu kota dari Sumatera Utara. Curah hujan yang rendah menjadi salah satu pemicu kota ini panas. Sebab, kota ini memang terkenal sebagai kota tropis yang tidak menentu musim kemarau dan penghujannya. Suhu terpanas kota ini pernah mencapai 36,8 derajat Celcius. Baik siang maupun malam hari, cuaca di Medan sama-sama panas. Meskipun menjadi kota yang panas, Medan termasuk kota yang pada penduduk.

Pekanbaru (Riau)

Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau. Kota ini memang dikenal sebagai kota yang gersang dan panas. Suhu di pagi hari kota Pekanbaru bisa dibilang normal, yaitu kisaran angka 23 derajat Celcius. Akan tetapi jika sudah menuju siang, biasanya suhu akan naik mencapai 33-35 derajat Celcius. Apalagi kalau musim kemarau, rasa panas dan gersanya akan lebih terasa.

Baca juga:  Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Inilah Profil dan Rekam Jejak Raja Minyak RI

Bengkalis – Riau

Bengkalis juga merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Riau. Dengan luas 7.783 kilometer, kota ini memiliki cukup banyak ruang hijau. Beberapa daerah masih asri dengan banyak pepohonan. Akan tetapi suhu di kota ini cukup panas. Apalagi kalau sudah musim kemarau, suhunya bisa mencapai 37 derajat Celcius.

Palembang – Sumatera Selatan

Palembang juga merupakan salah satu kota di pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Selatan ini juga masuk ke jejeran kota terpanas di Indonesia. Suhu di siang hari dapat mencapai 32 derajat Celcius. Bahkan di saat musim kemarau, suhunya bisa mencapai 36 derajat Celcius.

Bekasi (Jawa Barat)

Mulai 2 Oktober 2020 Bekasi Berlakukan Jam Malam, Aktivitas Ekonomi Hanya Sampai Pukul 18.00 WIB - Galamedia News
GALAMEDIANEWS.COM

Kota Bekasi memang sudah terkenal dengan cuacanya yang panas. Setiap harinya, suhu rata-rata kota ini sekitar 32 derajat Celcius. Suhu tertinggi yang tercatat dari kota ini mencapai 37 derajat Celcius. Sebagai salah satu kota industri, Bekasi memang dipenuhi dengan pabrik. Sehingga mungkin membuat kota ini semakin gersang. Apalagi kota ini juga mememiliki kepadatan penduduk yang tinggi.

Cirebon – Jawa Barat

Cirebon juga merupakan salah satu kota terpanas dengan udara yang gersang dan kering. Kota ini terletak di sebelah utara pulau Jawa. Suhu rata-rata harian kota ini sekitar 34 derajat Celcius. Akan tetapi saat musim kemarau, suhunya bisa mencapai 38 derajat Celcius.

Baca juga:  Kiki Farrel Ungkap Permintaan Terakhir Mendiang Ibunda hingga Tangisnya Pecah

Surabaya – Jawa Timur

Surabaya merupakan kota tebesar kedua di Indonesia. Ibu kota Jawa Timur ini memiliki suhu udara yang cukup panas. Apalagi saat musum kemarau, suhu udaranya bisa mencapai 37 derajat Celcius dengan sinar matahari yang terik. Saat musim hujan, suhu udaranya juga tidak jauh berbeda.

Bima – Nusa Tenggara Barat

Kota Bima terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Barat. Sebagai kota terpanas di Indonesia, suhu rata-rata di kota Bima mencapai 32-33 derajat Celcius. Saat musim kemarau, panasanya bisa mencapai 39 derajat Celcius. Bahkan saat musim hujan pun cuaca di Bima tetap panas. Karena keadaannya seperti itu, warga Bima memanfaatnya untuk bertani jagung. Sebab pohon jagung kuat di cuaca panas.

Limapuluh – Sumatera Utara

Kota ini juga merupakan salah satu kota terpanas di Indonesia. Suhu udara saat musim kemarau bisa mencapai 36 derajat Celcius.

Nah itu dia sepuluh kota paling panas di Indonesia. Ada kota asalmu tidak?

 

Sumber:

Sedjati, Ismoyo. 2021. “10 Kota di Indonesia dengan Suhu Paling Panas”. https://www.pojokmalioboro.com/lingkungan/pr-1221189091/10-kota-di-indonesia-dengan-suhu-paling-panas?page=2

“9 Kota Ini Ternyata Paling Panas di Indonesia, Ada Tempat Tinggal Parents?”. https://id.theasianparent.com/kota-terpanas-di-indonesia

Zuhad, Ahmad. 2021. “6 Kota Paling Panas di Indonesia, Daerah Terpanas Ternyata di Pulau Jawa”. https://www.kompas.tv/amp/article/217573/videos/6-kota-paling-panas-di-indonesia-daerah-terpanas-ternyata-di-pulau-jawa?page=all