Kira-kira Jurusan IPA SMA Bisa Jadi Apa Aja Ya?

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Memilih jurusan di SMA sebaiknya tidak dilakukan karena ikut-ikutan teman atau mau gaya-gayaan saja. Karena jika kita jeli melihat, karir kedepannya sebenarnya sudah sedikit tercermin dari jurusan yang diambil saat SMA.

Setelah lulus SMA, ada beberapa opsi yang dapat kamu lakukan, diantaranya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau memilih bekerja dengan ijazah yang dimiliki. Jika kamu memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi, tentu jurusan yang akan kamu pilih sebaiknya linear dengan jurusan saat SMA.

Kira-kira Jurusan IPA SMA Bisa Jadi Apa Aja Ya?

Kalau kamu memilih jurusan IPA saat SMA, berikut ini beberapa profesi yang dapat kamu jadikan referensi agar karirmu dapat terencana lebih awal:

Baca juga:  Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan? Begini Penjelasannya

1.Arsitek

Profesi pertama yang bisa kamu jadikan tujuan karir adalah menjadi seorang arsitek. Apalagi jika kamu memang menyukai perhitungan, seni dan desain bangunan, jurusan ini akan sangat cocok menjadi pilihanmu. Untuk menjadi arsitek, kamu bisa melanjutkan jenjang pendidikan dengan mengambil S1 Jurusan Arsitektur, atau bisa juga Teknik Sipil ataupun Desain.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki sertifikat keahlian Arsitek dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Tamatan SMA pun bisa menyandang profesi ini, namun dengan syarat wajib magang di Biro Arsitektur minimal sepuluh tahun.

2.Dokter dan Tenaga Kesehatan

Profesi selanjutnya adalah menjadi seorang Dokter. Di semua Perguruan Tinggi, syarat untuk daftar di Kedokteran adalah jurusan IPA saat SMA. Hal ini karena saat seleksi bersama Perguruan Tinggi, Kedokteran masuk di rumpun Saintek. Untuk menjadi Dokter, kamu bisa memilih jurusan S1 kedokteran.

Baca juga:  Mengenal Beberapa Jenis Beasiswa di Indonesia

Setelah lulus S1, kamu perlu mengambil Pendidikan Profesi Dokter atau Koas. Dalam hal ini, kamu akan berperan sebagai Dokter muda dan terjun langsung ke rumah sakit. Tak cukup sampai disitu, kamu masih harus menjalani tahapan lainnya. Setelah menyelesaikan tahap Pendidikan Profesi, kamu harus mengikuti ujian sertifikasi. Setelah itu, barulah kamu resmi menyandang profesi sebagai Dokter.

3.Apoteker

Selanjutnya, karir yang dapat digeluti bagi yang mengambil jurusan IPA adalah Apoteker. Untuk menjadi Apoteker, kamu perlu memilih jurusan S1 Farmasi hingga mengucapkan sumpah jabatan profesi Apoteker. Selain itu, kamu juga harus terdaftar di Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

4.Software Engineers

Software Engineers juga menjadi profesi yang cocok bagi kamu yang berasal dari jurusan IPA saat SMA. Untuk menjadi seorang Software Engineers, ada beberapa opsi yang dapat kamu lakukan, yaitu melalui Pendidikan, Magang dan Program Spesialis. Di era digital seperti ini, Software Engineers menjadi salah satu profesi yang sangat populer.

Baca juga:  Viral! Taylor Swift Raih Gelar Doktor dari New York University, Intip Rahasianya

Itulah jawaban dari pertanyaan jurusan IPA bisa jadi apa aja. Selain keempat profesi tersebut, tentu masih banyak profesi lain yang dapat kamu jadikan pilihan. Intinya, kamu perlu menyesuaikan dengan peluang, minat dan bakatmu.

Sumber:
https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-kuliah-ipa-dan-prospek-kerja
https://edukasi.sindonews.com/read/579896/211/6-jenis-profesi-jurusan-ipa-dengan-gaji-ratusan-juta-1635221404?showpage=all